Mencintai Produk dalam Negeri Lewat Poster IklanWarna-Warni

Mencintai Produk dalam Negeri Lewat Poster IklanWarna-Warni

Oleh: Nur Juliana, S.Pd*

Generasi milenial atau lebih sering disebut sebagai anakzaman now nyatanya lebih bangga saat menggunakanproduk brand ternama import. Baru saja kemarin sayamendengar celetukan salah seorang anak didik yang membuat saya prihatin kamu makannya ayam geprekya? Ah gak level aku sukanya KFC”.

 

Tentu hal ini amat disayangkan karena banyak produk daridalam negeri yang kualitasnya tidak kalah bahkan lebihbaik dibandingkan produk luar negeri.

 

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cintabegitulah pepatah yang cocok untuk menggambarkanceletukan anak didik saya tadi. Hal ini terbukti ketika sayamembawa sebuah produk coklat lokal, hampir semuaanak didik saya terkejut tidak menyangka produk tersebutbuatan dalam negeri.

 

Produk lokal rasa internasionalinilah mindset yang harustertanam dalam setiap diri generasi muda. kebanggaanmenggunakan produk  dalam negeri harusnya ada padasetiap diri generasi muda.

 

Sebenarnya, banyak hal yang bisa dilakukan olehgenerasi muda agar produk dalam negeri berkembangpesat yaitu dengan mengubah mindset dan gaya hidup.Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah membeli danmenggunakan produk-produk lokal. Hal kedua  yang bisadilakukan adalah dengan mengenalkan produk lokalkepada kerabat dan teman-teman.

 

Dewasa ini, iklan dianggap sangat penting untukmemperkenalkan sebuah brand produk. Banyak produkyang sukses di pasaran karena kekuatan iklan. Sehinggatak dapat dipungkiri, iklan menjadi alat jualan yang sangatpenting bagi produsen.

 

Mengingat pentingnya iklan dalam mengenalkan danmemasarkan produk  maka saya mengajak anak-anakdidik saya untuk lebih mengenal, mencintai danmendukung produk lokal lewat kegiatan menggambarposter iklan warna-warni.

 

Saat ini saya kebetulan aktif mengajar mata pelajaranBahasa Indonesia di SMP 31 Kabupaten Tebo. Materipokok yang saya ajarkan di kelas VIII salah satunyaadalah Teks Iklan, Slogan dan Poster.  Pada materi inisaya berusaha menyusun LKPD  yang  bisa membantupeserta didik belajar aktif, kreatif, dan menyenangkan.

 

Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu: menyajikangagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atauposter secara lisan dan tulis.

 

Melalui praktik pembelajaran yang baik peserta didik bisa memperoleh pengalaman belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Saya memilih model pembelajaran PJBL (Project based learning) karena sangat cocok untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Tahapan pembelajaran yang saya terapkan terdiri dari dua tahap yaitu tahap persiapan dan tahap langkah-langkah pembelajaran.

 

Bertempur harus siap sedia senjata begitulah kira-kirayang menggambarkan betapa pentingnya tahappersiapan. Hal yang harus dipersiapkan yaitu mendesainRPP, merancang LKPD, serta menyiapkan alat dan bahanuntuk membuat poster.

 

Pada tahap langkah-langkah pembelajaran sayamengadopsi konsep MIKiR Tanoto Foundation. Langkah pertama yaitu kegiatan pendahuluan. Langkah kedua yaitu kegiatan inti dan langkah ketiga adalah kegiatan penutup.

 

Pada langkah pendahuluan sangat penting di jelaskantujuan pembelajaran agar peserta didik memahamimanfaat belajar materi tersebut dan dapatmengaplikasikannya dalam kehidupan-sehari.

 

Langkah pembelajaran yang selanjutnya yaitu kegiataninti. Pada kegiatan inti ada konsep Mengalami yaitupeserta didik diajak melakukan kegiatan literasi. Pesertadidik diminta untuk membaca informasi lewat bukupelajaran.

 

Lalu, peserta didik diminta untuk mencermati contohgambar poster yang ditempelkan pada papan tulis.  Selanjutnya, saya memberikan kesempatan pada pesertadidik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran.

 

Ada beberapa pertanyaan muncul, diantaranya: 1. Bagaimana cara menyajikan gagasan dalam bentukPoster? 2. Apa saja alat dan bahan yang diperlukan dalam menulis poster? 3. Apa saja langkah-langkah dalam menulis poster?

 

Bagaimana cara menyajikan gagasan dalam bentuk Poster?  

 

Gagasan yang baik adalah gagasan yang memotivasi diridan orang lain. Gagasan bisa disajikan dalam bentukbahasa iklan yang sopan tapi tetap menarik perhatianorang/konsumen.

 

Gagasan yang tertuang dalam bentuk bahasa iklan dapatmemberikan nilai tambah terhadap produk atau brandtertentu sehingga produk tersebut dapat dinilai prestidgedibandingkan produk lain.

 

Secara keseluruhan bahasa iklan yang mudah diingat danmenarik menjadi kunci utama yang memengaruhi pembeliagar melirik produk tersebut.

 

Menuangkan gagasan dalam bentuk poster  artinya tidakhanya sekedar menulis slogan saja tetapi juga terdapatperpaduan dengan gambar yang menarik. Gagasan yang tertuang dalam komposisi yang seimbang antara slogan dan gambar inilah yang menjadikan poster sebagai pilihanpara produsen dalam memperkenalkan produk.

 

 

Apa saja alat dan bahan yang diperlukan dalam menulis poster?

 

Membuat poster sederhana tidak membutuhkan alat yang mahal. Semua bisa diperoleh di toko alat tulis denganharga murah. Alat dan bahan yang dibutuhkan yaitupensil, penggaris, gunting, pensil warna atau spidol warnadan kertas karton.

 

Apa saja langkah-langkah dalam menulis poster?

 

Menulis poster berarti menciptakan karya yang memuatkomposisi indah dan seimbang antara tulisan dan gambar. Hal penting yang harus diperhatikan adalah keselarasandan kesatuan antara kalimat dan gambar yang disusun.

 

Oleh karena itu, pada kegiatan interaksi saya telahmenyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). LKPD tertuang langkah-langkah yang tepat dalam membimbingpeserta didik untuk membuat poster. Seluruh siswakemudian diarahkan secara berkelompok untukmenyelesakan masalah yang ada di Lembar Kerja PesertaDidik (LKPD).

 

Agar menjadikan praktik pembelajaran lebih menarik. Saya sengaja membungkus produk beserta alat danbahan ke dalam kado. Semua peserta didik di kelasantusias mengikuti kegiatan pembelajaran, terutama saatmasing-masing kelompok peserta didik mendapatbingkisan kado.

 

Salah seorang siswa bahkan ingin mendapatkan lebih darisatu bingkisan.

 

Setelah membuka bingkisan, semua peserta didik dipandu mengerjakan penulisan poster sesuai langkah yang terteradi LKPD. Lewat praktik ini sikap kerja sama serta kreativitas siswa mulai tergali.

 

Mula-mula peserta didik mencari topik yang sesuaidengan deskripsi produk. Lalu membuat kalimat slogan yang mudah diingat. Selanjutnya siswa dengan terampil mendesain gambar yang sesuai dengan produk

 

Pada tahap komunikasi salah satu kelompokmempresentasikan poster buatannya dengan penuh percaya diri ke depan kelas, Sementara kelompok lain antusias memberikan pendapat dan saran.

 

Setelah kegiatan pembelajaran saya tidak lupa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: