>

Fasha Siap Donor Darah Plasma Konvalesen

Fasha Siap Donor Darah Plasma Konvalesen

JAMBI – Angka terkonfirmasi Covid-19 di Kota Jambi terus bertambah. Pemerintah terus berupaya menekan angka kasus terkonfirmasi dan kasus kematian Covid-19. Salah satu upayanya melakukan penyuntikan vaksin.

Belakangan donor darah plasma konvalesen diperbincangkan. Ini merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh atau penyintas Covid-19 dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengaku siap mendonorkan plasma darahnya. Ia sendiri merupakan penyintas Covid-19. Hanya saja, Ia masih menunggu teknis mendonorkan yang dilakukan pihak terkait.

“Saya sudah menawarkan cukup lama plasma konvalesen ini. Jauh sebelum ada vaksin, karena ini yang paling aman. Saya siap mendonorkan plasma Saya,” katanya.

Hanya saja memang diakui Syarif Fasha, Ia belum mengetahui sejauh mana respon Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sebab tindak lanjut donor plasma konvalesen ini berada di IDI. “Tapi mudah-mudahan ada tindak lanjut.  Saya sudah sampaikan ke kepala dinas kesehatan kota untuk persiapan dokter-dokter dilatih untuk menggunakan plasma konvaselen,” imbuhnya.

Lanjutnya, donor darah plasma konvaselen ini sudah lama digunakan di daerah lain. Fasha pun menginginkan, kepada para dokter di Provinsi Jambi jika tidak punya pengalaman melakukan donor darah ini, ada baiknya belajar dari daerah yang sudah menerapkannya.

“Bukan berarti karena tidak pernah melakukan, tidak mau mau melakukan itu sama sekali. Jika tidak punya pengalama silakan bertanya,” pungkasnya. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: