>

Beli Moment 3,6 Miliar

Beli Moment 3,6 Miliar

Wednesday, 07 April 2021

Oleh: Azrul Ananda

Marketing yang baik mampu menjual barang yang ada. Marketing yang luar biasa mampu menjual barang yang tidak ada. Dulu saya pernah mendengar guyonan seperti itu. Bukan bermaksud mengajari untuk menipu, tapi memang lucu juga.

Seiring perkembangan zaman, barang-barang yang \"tidak ada\" itu sekarang ada harganya. Bahkan bisa lebih mahal dari yang \"ada.\"

Contoh terbaru muncul dari dunia olahraga. Dari liga basket terbesar dunia, NBA, yang berkolaborasi dengan Dapper Labs. Produk mereka, Top Shot, sekarang sedang heboh. Top Shot adalah ruang bagi penggemar dan kolektor untuk \"berdagang.\" Membeli dan menjual \"Moment\" penting dari pemain yang mereka idolakan.

Tidak tanggung-tanggung, sebuah \"Moment\" menampilkan aksi LeBron James melakukan slam dunk harganya sekarang mencapai USD 250 ribu (sekitar Rp 3,6 miliar)!

Padahal, \"Moment\" itu tidak ada wujud fisiknya. Hanya berupa sebuah klip video singkat. Pembeli juga tidak memiliki hak intelektual klip video tersebut. Jadi tidak bisa menjualnya di luar Top Shot. Hanya bisa menjualnya lagi kepada pemakai Top Shot yang lain. Dan kalau mau, klip itu sebenarnya dengan mudah bisa kita temukan secara gratis di YouTube!

Masih bingung?

Mari kita bicara soal barang koleksian konvensional. Kebetulan, saya termasuk kolektor banyak hal. Mulai dari miniatur mobil Formula 1, berbagai action figure (khususnya Star Wars), sepatu, hingga sekarang sepeda.

NBA Top Shot, pada dasarnya, adalah bentuk virtual dari mengoleksi kartu pemain basket. Prinsipnya mirip. Secara berkala, produsen kartu akan merilis paket-paket berisikan kartu pemain. Di dalam paket-paket itu, kalau beruntung, kita bisa mendapatkan kartu langka. Atau, ada kartu \"biasa\" yang kemudian menjadi supermahal karena pemain yang ditampilkan lantas menjadi superstar.

Kolektor bisa menjual atau menukarkan kartu-kartu itu dengan kolektor lain. Harganya bisa naik-turun tergantung performa pemain atau perjalanan hidupnya sekian tahun kemudian.

Sekarang ini, kartu yang tercatat sebagai yang termahal adalah yang menampilkan Mickey Mantle, pemain baseball. Kartu keluaran merek Topps tahun 1952 itu, harganya mencapai USD 5,2 juta. Ya, sebuah kartu harganya lebih dari Rp 75 miliar!

Dengan catatan, kondisi kartunya harus \"mint.\" Berarti tidak pudar, tidak ada kerutan, dan terlindungi secara sempurna. Gores sedikit saja, atau kerut sedikit saja, harga bisa anjlok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: