Oleh: Rahmini S.Pd., M.Pd*

Istilah New Normal di Indonesia terkait pandemi covid 19 mulai gencar disosialisasikan oleh Pemerintah sejak Mei tahunlalu. Sejak itu banyak sekali kita temukan tulisan yang menjelaskan pengertian new normal tersebut.

Salah satunya dikatakan bahwa; New Normal adalah sebuah tahapan baru setelah kebijakan stay at home atau whork from home atau pembatasan sosial yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran massif wabah virus corona.

Era ini memberikan isyarat kepada kita semua untukbersikapdanberperilaku yang patuhmenjalankanprotokolkesehatan yang dikeluarkanolehpemerintahsebagaisalah satu upayakita untuk mecegah dan memutus  penyebaran virus corona.

 

Olehkarenaitu,menjadi tugas kita dengan segenap kemampuandiharapkan kita bisa berperan aktif mencari solusi agar dalam era kenormalanbaruini program pendidikandankegiatanpembelajarannyadapatberlangsungdenganbaikdanmenyenangkan. Ini sejalan dengan anjuran pemerintah yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa kita harus berdamai dengan virus corona yang kita maknai bahwa kita harus mempersiapakan segala sesuatunya dengan baik agar  tetap bisa melaksanakan proses pembelajaran secara maksimal dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Beberapa  hal penting  harus kita siapkan untukmenyonsong pembelajaran tatapmuka. Pada kesempatan ini penulis mencoba berbagi pemikiran dengan menawarkan strategi “BEST-Plus”.

 

Believe In God.

            Dibalik setiap musibah pasti ada hikmah atau hal positif yang bisa dipetik terutama untuk kehidupan siswa. Melalui musibah ini Tuhan menegur kita dan mengingatkan bahwa kita manusia adalah mahluk yang lemah dan tidak berdaya. Sampai saat ini belum ada yang mampu menemukan obat dan vaksin yang ampuh untuk mengobati penyakit akibat virus corona ini. Maka berserah dirilah hanya kepada Allah serta memohon do’a dariNya.

 

Karakter religius inilah yang harus kita perkuat pada diri siswa pada saat pembelajaran era new normal nanti. Dalam ajaran agama sudah jelas ditegaskan bahwa menjaga kebersihan  itu wajib hukumnya. Dalam kontek masa pandemi ini kita dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, salah satunya adalah rajin mencucitangan dan menggunakan masker serta menjaga jarak sebagai upaya untuk menghindari tertular atau menularkan virus dari seseorang ke orang lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: