>

Tanoto Foundation Perkenalkan Duta Orangtua Sahabat Anak Belajar

Tanoto Foundation Perkenalkan Duta Orangtua Sahabat Anak Belajar

JAMBI- Salah satu komponen Sub-Program PINTAR Tanoto Foundation adalah “parent engagement campaign”. Ini adalah komponen baru yang berjalan di tahun 2021 dalam rangka membantu orang tua sekolah mitra Tanoto Foundation untuk mendukung anak belajar.

Sebanyak 76 peserta dari unsur kepala sekolah, fasilitator daerah, dan pengawas, dan orangtua diberikan sosialisasi pada 13 April, sedangkan sebanyak 96 orangtua hadir secara virtual pada 21 April lalu.

Kegiatan tersebut berfokus pada peningkatan kesadaran dan pemahaman, pengetahuan, dan praktik baik dari orangtua. Orangtua memiliki peran penting dalam mendukung anak belajar beserta tumbuh kembang potensinya.

“Parent engagement campaign” ini dilakukan melalui penyebaran/distribusi materi “parental” dan aktivitas pelibatan orang tua. Untuk mendukung pelaksanaan “parent engagement campaign”, diperlukan kerja sama yang baik antara Tanoto Foundation, sekolah mitra Tanoto Foundation, dan orang tua sekolah mitra Tanoto Foundation,” ujar Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi, Selasa, (27/4/2021).

Nantinya orangtua siswa sekolah mitra Tanoto Foundation sebagai penerima manfaat (beneficiary) dari program parent engagement campaign ini akan menerima berbagai media parenting yang didistribusikan oleh duta orangtua sahabat anak belajar.

Pentingnya kehadiran para duta orangtua sahabat anak belajar dimaksudkan untuk mendorong dan menyebarkan-luaskan materi parental ke para orang tua sekolah mitra Tanoto Foundation.

“Kemudian mendorong para orangtua sekolah mitra Tanoto Foundation mengikuti seri pesan parental dan terlibat aktif memberi tanggapan tentang materi parental tersebut. Juga mendorong orang tua sekolah mitra Tanoto Foundation terlibat dalam kegiatan parent engagement,” ujar Medi.

*Harapan Orangtua*

Sejumlah perwakilan kepala sekolah mitra dan orangtua mengaku senang dengan kegiatan tersebut, selain mendapatkan manfaat dari materi parent engagement, mereka juga akan terlibat aktif sebagai duta orangtua sahabat anak belajar.

“Semoga dengan ditunjuknya saya sebagai duta mampu memotivasi siswa sehingga hasil pembelajaran semakin baik, bukan hanya bagi anak saya sendiri, namun juga secara keseluruhan,” ujar Rojak, duta orangtua sahabat anak SMPN 17 Tanjab Timur.

Selain Rojak, ada Komariah, duta orangtua sahabat anak belajar dari SDN 05 Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat. Ia akan berkolaborasi bersama guru di sekolah untuk memajukan pendidikan di tempat anaknya belajar.

“Saya akan menyampaikan informasi ini kepada orangtua yang lain agar mendapatkan manfaat yang sama,” kata bu Kokom, panggilan akrabnya.

Sementara itu, Rita, duta orangtua dari SMPN 22 Tebo mengatakan sebagai duta akan membantu anak dalam belajar.
“Saya ingin anak saya menjadi model pada saat saya mensosialisasikan duta orangtua sahabat anak di sekolah nantinya.

Saya berencana langsung mensosialisasikan secara langsung di sekolah, karena sudah bisa tatap muka terbatas, dan juga secara virtual,” pungkas Rita. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: