Korban Tewas Meningkat saat Kekerasan Guncang Palestina

Korban Tewas Meningkat saat Kekerasan Guncang Palestina

GAZA-Pesawat-pesawat tempur Israel kembali melakukan serangan udara di Gaza, Palestina pada Sabtu pagi (15/5). Serangan itu dibalas gerilyawan Hamas dengan menembakkan roket ke wilayah Israel saat pertempuran mereka memasuki malam kelima, dan diplomat AS dan negara-negara Arab berusaha mengakhiri kekerasan.

Petugas medis Palestina menyatakan setidaknya empat orang tewas dalam salah satu dari beberapa serangan udara di Gaza utara. Penduduk mengatakan kapal Angkatan Laut Israel menembakkan peluru dari Mediterania meskipun tidak ada yang mengenai jalur tersebut.

Kementerian Urusan Agama Palestina mengatakan pesawat Israel menghancurkan sebuah masjid. Seorang juru bicara militer mengatakan tentara sedang memeriksa laporan itu.

Sirene berbunyi di dua kota besar di selatan Israel yang memperingatkan akan adanya tembakan dari Gaza. Hamas mengaku bertanggung jawab meluncurkan roket.

Tanpa tanda-tanda berakhirnya pertempuran, korban menyebar lebih jauh, dengan Palestina melaporkan 11 orang tewas di Tepi Barat yang diduduki di tengah bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan Israel.

’’Sedikitnya 132 warga Palestina, termasuk 32 anak-anak dan 21 wanita, telah tewas, dan 950 lainnya terluka di Gaza sejak Senin,’’ kata soerang pejabat medis Palestina, seperti dikutip Antara dari Reuters.

Hamas mengatakan seorang wanita dan seorang anak laki-laki termasuk di antara empat orang yang tewas dalam serangan udara Israel yang menghantam sebuah rumah milik keluarga Abu Hattab di kamp pengungsi Pantai Kota Gaza. Tentara Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar atas serangan itu.

Di antara delapan tewas di Israel adalah seorang tentara yang berpatroli di perbatasan Gaza dan enam warga sipil, termasuk dua anak, kata pihak berwenang Israel.

Menjelang sesi Dewan Keamanan PBB pada Minggu untuk membahas situasi tersebut, utusan pemerintahan Biden Hady Amr, Wakil Asisten Sekretaris untuk Israel dan Urusan Palestina, terbang pada Jumat.

Kedutaan Besar AS di Israel mengatakan tujuannya adalah “untuk memperkuat kebutuhan untuk bekerja menuju ketenangan yang berkelanjutan.”

Israel melancarkan serangan sepanjang hari pada Jumat (14/5) untuk menghancurkan apa yang dikatakannya beberapa kilometer (mil) terowongan, lokasi peluncuran, dan gudang pembuatan senjata yang digunakan oleh militan dalam upaya untuk menghentikan serangan roket.

Di seluruh Israel tengah dan selatan, dari kota-kota kecil yang berbatasan dengan Gaza hingga metropolitan Tel Aviv dan Beersheba selatan, orang-orang telah menyesuaikan diri dengan raungan sirene, interupsi siaran radio, dan TV, dan bunyi getar ponsel yang bertuliskan peringatan merah yang membuat mereka bergegas untuk berlindung.

Permusuhan lintas batas antara Israel dan militan Palestina di Gaza telah disertai dengan kekerasan di komunitas campuran Yahudi dan Arab di Israel. Sinagog telah diserang dan perkelahian jalanan telah pecah, mendorong presiden Israel untuk memperingatkan perang saudara. (*)

Sumber: www.jawapos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: