Ketua DPRD Provinsi Jambi Raih Penghargaan Green Leadership dari KLHK

Ketua DPRD Provinsi Jambi Raih Penghargaan Green Leadership dari KLHK

JAMBI – Ketua DPRD Provinsi Jambi mendapat penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pemberian penghargaan digelar secara virtual (15/6) pagi ini. Ketua DPRD Provinsi Jambi mendapat peringkat ke tiga, Aceh peringkat 2, sedangkan peringkat 1, diraih Sumbar.

Penilaian Green Leadership ini merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) secara nasional yang memberikan penilaian kepada kepala daerah dalam hal ini Gubernur dan Ketua DPRD yang mempunyai komitmen untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di daerah dan didukung oleh inovasi-inovasi daerah dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan lingkungan yang ada.
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan kepadanya. “Kami ucapkan terima kasih, walaupun kami belum optimal melakukan langkah-langkah dalam menjaga alam kita,” tegasnya.
Ini juga menjadi motivasi dirinya bersama pimpinan, anggota beserta eksekutif untuk memformulasikan bersama-sama apa yang harus dilakukan untuk menjaga dan melindungi hutan-hutan Jambi.
“Kita lihat, Batanghari yang dulu dalam, sekarang sudah dangkal, debit airnya juga menurun, maka dari itu, kita mendorong secara bersam-sama untuk menjaganya,” ujarnya.
Dia juga berharap Pemprov menggerakkan semua untuk menjaga alam. “Harus ada motivasi untuk menjaga alam kita dengan menanam pohon serentak,” tegasnya.
“Kita juga sama-sama tahu sungai kita rusak akibat Peti, yang luar biasa. Ini menjadi masalah bagi kita. Tidak bisa kita membiarkan itu berlangsung terus, sehingga di kepemimpinan kami ada legitimasi yang tidak baik. Jangan sampai periode kami memimpin, alam kita rusak,” tegasnya lagi.
Kerja yang dilakukan ini, menurut Edi, bukan hanya untuk kita, tapi, untuk anak cucu kita mendatang. “Kita harus melakukan sesuatu yang baik, berguna untuk kesehatan mereka secara bersama-sama. Inilah yang harus dirembuk bersama-sama, maupun di tingkat legislasinya, keberpihakan anggaran kita kepada lingkungan, pengawasan terhadap pemerintah daerah, ini penting bagi kami,” imbuhnya.
Sementara itu, Menteri KLHK Siti Nurbaya dalam arahan dan sambutannya mengatakan, pemberian penghargaan itu sudah melalui proses yang cukup panjang. \"Penghargaan ini merupakan apresiasi dari pemerintah atas aktualisasi kepemimpinan yang dilakukan kepala daerah dan pimpinan DPRD,\" kata Siti Nurbaya.
Melalui Green Leadership ini diharapkan dapat mendorong, mendukung kebijakan dan langkah aksi dalam mewujudkan lingkungan hidup yang baik.
\"Saya berikan apresiasi tingggi, kita terus mengelola lingkungan dengan baik, mari terus bekerja menghadapi tantangan yang lebih besar,\" pungkasnya. (fth)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: