Enam Tokoh Ini Jadi Penentu Siapa Calon yang Maju di Pilpres 2024

Enam Tokoh Ini Jadi Penentu Siapa Calon yang Maju di Pilpres 2024

JAKARTA–Pengamat politik Wempy Hadir menilai ada enam sosok King Maker dalam pemilihan presiden 2024 mendatang.

Yang pertama, kata Wempy adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski mantan Gubernur DKI itu bukan pemilik partai, namun memiliki kekuatan yang penting dipertimbangkan.

“Suka tidak suka saya kira Jokowi hari ini bukan hanya kader partai tetapi juga punya kekuasaan yang sangat powerfull, kata Wempy di Jakarta, Rabu (30/6).

Menurut Direktur Eksekutif Surveylink Indonesia ini Jokowi memiliki citra bersih dan sederhana, sehingga kesetiaan para pembantunya sangat tinggi.

Lalu ada Ketum PDIP Megawati Seokarnoputri, yang tak diragukan lagi sebagai “king atau queen makers” karena memiliki parpol dan kekuatan di pilpres mendatang.

Nama berikutnya lanjut Wempy adalah Prabowo Subianto, pemimpin Parpol Gerindra menjadi “king makers” di 2024.

“Prabowo ini saya kira berada pada dua sisi, dua kaki bisa menjadi king makers bisa jadi dia menjadi orang yang akan didorong oleh koalisi yang nantinya akan dibentuk,” kata dia.

Nama keempat adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang tentunya akan memperjuangkan Demokrat dan Agus Harimurti Yudhoyono untuk setara dengan tokoh atau politisi lain di kancah nasional.

Nama kelima menurutnya adalah Jusuf Kalla (JK), meski tidak memiliki partai mantan Wapres itu lihai dalam memainkan peran, bahkan mampu mengantarkan Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Menurut saya portofolio ini tidak bisa dianggap remeh dan layak menjadikan JK sebagai salah satu king makers,” kata Wempy.

Dan yang terakhir, menurut Wempy adalah Surya Paloh. Sosok ketum Partai Nasdem itu bisa menjadi king makers melihat konstelasi politik belakangan ini.

“Melihat konstalasi politik terakhir, Surya Paloh bisa menjadi King Maker di Pilpres 2024,” pungkasnya. (genpi/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: