Dari Kondisi Motor Hingga Badan, Hal Berikut Ini Wajib Dipersiapkan Oleh Para Pecinta Touring

Dari Kondisi Motor Hingga Badan, Hal Berikut Ini Wajib Dipersiapkan Oleh Para Pecinta Touring

JAKARTA  – Bagi para bikers kegiatan touring baik sendiriataupun bersama rekan komunitas menjadi salah satu caramenikmati aktivitas berkendara bersama motor. Rute-rutedengan pemandangan yang indah dan menyajikan kondisi jalanyang beragam seperti pantai atau pegunungan, kerap dipilihkarena dinilai mampu menghadirkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan.

 

Dalam melakukan touring, khususnya yang menempuh jarakjauh, tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Baik itu terkaitkondisi pengendara maupun sepeda motor. Tujuannya untukmemastikan kelancaran dan keselamatan di perjalanan. Olehkarena itu, penting bagi para bikers untuk mempersiapkanbeberapa hal berikut ini sebelum melakukan perjalanan jarakjauh menggunakan motor.

 

1. Cek Kondisi Kendaraan

Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikanAnda sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponenmotor seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapatberfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

 

Khusus konsumen Connected Model dari Yamaha (All New NMAX 155 Connected dan All New Aerox 155 Connected), Anda dapat memanfaatkan fitur Y-Connect yang #canggihMAXImal pada motor untuk mengecek kondisi oli danaki sebelum memulai perjalanan secara lebih praktis melaluismartphone.

 

Kalo naik All New NMAX untuk touring bisa dibilang no worry (tidak khawatir). Karena sebelum melakukan touring, kitabisa cek kondisi motor seperti oli dan aki melalui aplikasi Y-Connect. Dan kita juga bisa mendapatkan notifikasi, apabilaterjadi malfungsi pada motor. Dan kalo mau ke bengkel Yamaha terdekat bisa lihat di aplikasi My Yamaha Motor,” terang Acho, Biker All New NMAX 155 yang juga anggota KomunitasJakarta Max Owner (JMO) serta Presiden Indonesia Max Owner periode 2015-2017.

 

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisibadan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatantouring siapkan fisik Anda sebaik mungkin. Tidur cukup danjaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkankonsentrasi ketika berkendara. Dan jangan coba memaksakandiri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untukistirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

 

3. Kenali Rute Perjalanan

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewatimerupakan salah satu cara untuk meminimalisir resikokecelakaan dijalan. Karena dengan mengetahui rute yang akandilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuhkehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

 

Selain itu, dengan mengetahui kondisi jalan, kita bisamempersiapkan setelan suspensi motor agar siap berkendara di segala kondisi jalan. Hal tersebut seperti yang ada pada All New NMAX 155 Connected ABS, dimana suspensi belakangnyadapat disetel dengan mudah sesuai prefensi berkendara, baik ituriding sendirian atau berboncengan. Sehingga kondisiberkendara terasa #nyamanMAXImal.

 

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas & Marka Jalan

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan dijalan adalahkarena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhirambu lalu lintas dan marka jalan. Padahal, dengan maumengikuti rambu dan marka yang ada kita dapat berkendarasecara lebih teratur dan terkontrol serta menghormati sesamapengguna jalan.

 

5. Gunakan Riding Gear yang Layak

Riding gear yang layak dan terstandarisasi menjadi barang wajibyang harus dikenakan secara lengkap ketika sedang berkendara, khsususnya saat touring jarak jauh. Karena dengan mengenakanriding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atausetidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuhketika mengalami kecelakaan di jalan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: