PAN Merapat ke Gerbong Jokowi, Pengamat: Akhir Tahun Dapat Jatah Menteri

PAN Merapat ke Gerbong Jokowi, Pengamat: Akhir Tahun Dapat Jatah Menteri

JAKARTA–Masuknya PAN ke dalam koalisi bukan sesuatu yang baru. Apalagi mengejutkan. Pada periode lalu, partai dengan logo matahari putih ini juga bergabung saat roda koalisi telah berjalan.

Pengamat Politik Emrus Sihombing memprediksi Presiden Jokowi bakal melakukan reshuffle pada akhir tahun mendatang. Yakni untuk diberikannya jatah PAN dalam struktur kabinet.

Menurut Emrus, tidak dibahasnya jatah kursi menteri untuk PAN dalam pertemuan perdana hanya alasan yang normatif.

 

“Alasan itu sifatnya retoris. Memang tidak dibicarakan. Tetapi tidak mungkin ada pertemuan jika tidak ada kepentingan politik. Atau mungkin ada kepentingan politik PAN ke depan untuk masuk ke dalam koalisi,” kata Emrus, Kamis (26/8).

Akademisi Universitas Pelita Harapan ini menilai, di panggung politik depan, bisa dipastikan hanya membicarakan hal yang bersifat normatif.

Tetapi, di balik panggung, mereka membicarakan hal yang sifatnya lebih operasional. Yang bisa jadi adalah membahas suatu posisi menteri bagi PAN.

Gemuknya koalisi, juga menjadi kekhawatiran minimnya peran oposisi. Kata Emrus, siapa yang bisa melakukan check and balance tidak melulu partai politik.

Berkembangnya dunia tekonologi hingga media sosial dianggap bisa melakukan pengawasan terhadap kerja pemerintah.

“Dengan oposisi diperankan dua partai, PKS dan Demokrat, mereka bisa memerankan oposisi dengan tindakan politik. Yakni dengan dengan antitesis terhadap kebijakan pemerintah. Sehingga tidak ada masalah terhadap check and balance,” tandasnya. (fin/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: