Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Farmasi Unja Adakan Kelas Inspirasi Profesi Kesehatan

Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Farmasi Unja Adakan Kelas Inspirasi Profesi Kesehatan

Di Panti Asuhan Baiturrahman Jambi

JAMBI - Dalam upaya meningkatkan motivasi membaca dan melangitkan cita-cita anak Panti Asuhan Baiturrahman, Tim Pengabdian Masyarakat Dosen, Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi (FKIK Unja), melaksanakan kelas inspirasi profesi kesehatan. Kegiatan ini telah dilaksanakan 3 sesi dan diikuti oleh 27 anak panti asuhan.

\"Foto

Kegiatan ini diketuai oleh Prof. Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd.,M.Si, yang sekaligus menjadi narasumber kelas inspirasi menjadi Profesor dari Program Studi Farmasi UNJA. Anggota tim Prof. Dr. rer. nat. Muhaimin, S.pd.,M.Si yaitu Yuliawati, S.Farm.,M.Farm.,Apt, Elisma, S.Farm.,M.Farm.,Apt dan Havizur Rahman S.Farm.,M.Farm.,Apt yang menjadi narasumber dosen Farmasi. Pada sesi pertama yang dilaksanakan Sabtu (14/8) lalu, menampilkan profesi apoteker yang bekerja di apotek yaitu apt. Retno Gustia Sari, S.Farm dan dosen Farmasi dari anggota tim pengabdian. Sedangkan pada sesi kedua Sabtu (21/8) lalu menampilkan apoteker yang bekerja di Dinas Kesehatan Muaro Jambi yaitu apt. Siti Aisyah, S.Si, yang sekaligus menjadi ketua Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Muaro Jambi. Narasumber selanjutnya adalah profesi bidan oleh Virda Nadrasari, S.ST dan ditutup dengan inspirasi menjadi profesor oleh Prof. Muhaimin selaku Ketua Tim.
Pada sesi ketiga dilaksanakan Sabtu (4/9) lalu, menampilkan profesi dokter yaitu dr. Dini Silvia, MM yang bekerja di DInas Kesehatan Provinsi Jambi. Pertemuan terakhir oleh ahli gizi Ismi Nurwaqiah Ibnu, S.Gz, M.Kes yang juga merupakan Dosen Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Sebagai kenang-kenangan dari tim, diserahkan juga dua paket Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), dan seperangkat wireless dan mikrofon untuk mempermudah dalam proses pembelajaran di panti.

\"Narasumber
Sementara, Pengurus Panti Asuhan Baiturrahman Jambi, Ali Murdani Rambe, S.Pd mengungkapkan, bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan Pengurus Panti Asuhan Baiturrahman Jambi, menyiapkan tempat sosialisasi dan ruang baca serta membantu dalam mengkondisikan peserta sehingga jumlah pesertanya stabil.
\"Peserta sangat antusias dalam berdiskusi dan memperhatikan penjelasan narasumber, baik secara online melaui zoom maupun secara offline melalui tatap muka,\" kata Ali Murdani Rambe Senin (13/9).
Ketua Pengabdian Masyarakat Prof. Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd.,M.Si mengharapkan kegiatan ini nantinya dapat membangkitkan cita-cita anak panti menjadi tenaga kesehatan, sehingga termotivasi rajin membaca karena perlu nilai yang tinggi untuk kuliah di profesi kesehatan.
\"Sebagai tindak lanjutnya, akan dibangun rumah baca di panti tersebut yang juga merupakan program pengabdian dosen Farmasi Universitas Jambi,\" tandas Ketua Pengabdian Masyarakat Prof. Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd.,M.Si. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: