FAH UIN STS Jambi Gelar Seminar Ilmu Ilmu Humaniora

FAH UIN STS Jambi Gelar Seminar Ilmu Ilmu Humaniora

JAMBI - Guna memberikan pemahaman yang baik tentang ilmu - ilmu humaniora, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN STS Jambi, Sabtu (18/9) menggelar seminar Nasional, menghadirkan empat narasumber yang berkompeten dibidangnya, antara lain Ravando Lie, MA (Ph.D kandidat University of Melbourne, Australia), Utami Budi Rahayu Hariyadi, S.S., M.Lib., M.Si, Dr. Rosalinda, MA, Ulfatmi Azlan, MA., bertempat di aula MUI Provinsi Jambi.

Kegiatan dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UIN STS Jambi, Dr. Bahrul Ulum, MA., didampingi Dekan FAH UIN STS Jambi, Dr. Halimah Dja\'far, M.Fil.I.

Dijelaskan, WR III, kegiatan seminar nasional ini sangat penting dilaksanakan guna menyamakan persepsi khususnya civitas akademika FAH, umumnya civitas akademika UIN STS Jambi dan masyarakat umum tentang keilmuan Humaniora, karena saat ini Humaniora di pahami sebagai ilmu yang identik dengan akhlak saja padahal Humaniora itu memiliki aspek yang lebih luas.

\"Ini sangat penting dilaksanakan karena ilmu humaniora memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat apalagi dimasa saat ini yang sudah banyak mengubah pola pikir bahkan cara berperilaku masyarakat,\" Jelas Dr. Bahrul Ulum, MA.

Ditambahkannya, imu-Ilmu Humaniora merupakan sekumpulan ilmu pengetahuan yang memusatkan perhatiannya pada sisi hasil kreasi kemanusiaan manusia (humanities aspects) secara metafisik maupun fisik, meliputi: keyakinan, ide-ide, estetika, etika, hukum, bahasa, pengalaman hidup, dan adat-istiadat. Jadi, objek kajiannya berwujud dimensi halus (software), “realitas yang tersembunyi”, dan fenomena kultural yang tersimbolisasi sistem bahasa, adat istiadat atau tradisi, hukum, seni, dan lain-lain.

Kegiatan diikuti 50 peserta secara offline dan 100 orang mengikuti secara zoom, peserta ini terdiri dari civitas akademika FAH UIN STS Jambi dan masyarakat umum yang ingin memahami lebih baik tentang ilmu ilmu humaniora.

\"Kita harapkan setelah seminar ini kita dapat memahami tentang ilmu ilmu humaniora lebih baik, karena FAH membidangi banyak ilmu, seperti ilmu sosial, keadaban dengan cakupan lebih luas dari ilmu ilmu di Fakultas lainnya,\" Jelas Dekan FAH UIN STS Jambi.

Selain itu, FAH juga terus melakukan sosialisasi tentang ilmu ilmu humaniora, agar semakin banyak yang memahami lebih baik dan benar akan ilmu humaniora karena tidak akan pernah habis dan berhenti dibicarakan. Untuk saat ini FAH memiliki 4 program studi, antara lain Sejarah Peradaban Islam, Bahasa dan Sastra Arab, Sastra Inggris dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: