>

BI Gelar Sosialisasi dan Implementasi QRIS di Sarolangun

BI Gelar Sosialisasi dan Implementasi QRIS di Sarolangun

SAROLANGUN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menggelar roadshow sosialisasi dan implementasi Quick Response code Indonesia Standard (QRIS) di Sarolangun. Kegiatan ini dilangsungkan di ruang pola kantor Bupati Sarolangun, Jumat (22/10), dihadiri oleh Wakil Bupati Sarolangun H. Hilallatil Badri, Deputi Kepala Bank Indonesia Provinsi Jambi Jazari Abdul Hamid, Kepala Dinas Perindagkop UKM Sarolangun Trianto, Kepala Bank Jambi Cabang Sarolangun M. Ridho, serta pimpinan dari beberapa instansi vertikal, OPD, dan Camat di wilayah Kabupaten Sarolangun.

\"Kepala

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sarolangun, H. Hilallatil Badri mengatakan, bahwa ditengah Pandemi Covid-19 saat ini, pembayaran non tunai menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Sebab masyarakat dapat meminimalkan kontak langsung saat bertransaksi. \"WHO juga sudah memperingatkan, bahwa pembayaran uang kertas mungkin dapat menjadi salah satu media penyebaran virus corona. Maka dari itu, transaksi digital sangat diutamakan,\" jelas Wakil Bupati Sarolangun.

\"Peserta

Selain mengurangi risiko penularan Covid-19, transaksi non tunai juga lebih praktis, efesien, cepat dan memudahkan dalam hal dapat tidak perlu memberi kembalian serta dapat menghindari risiko penerimaan uang palsu. \"QRIS ini adalah salah satu produk yang tergolong baru dari Bank Indonesia yaitu dengan menstandarkan QR Code, guna pembayaran digital yang berstandar nasional,\" terangnya.

\"Pemberian

Oleh sebab itu, Hilallatil Badri mengajak seluruh pelaku UMKM agar dapat menjadi pelopor dalam penggunaan QRIS di Kabupaten Sarolangun. Karena layanan tersebut memudahkan dan efisien bagi para penjual maupun pembeli. \"Jangan ragu untuk memulai bertransaksi secara non tunai, dan manfaatkan aplikasi pembayaran digital yang ada secara optimal. Saya ucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia dan Bank Jambi yang telah menyelenggarakan acara sosialisasi ini,\" tandasnya.

\"Foto

Sementara itu, dalam sambutannya, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Jazari Abdul Hamid mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Jambi khususnya Kantor Cabang Sarolangun dan Disperindag Sarolangun. Hal ini dikarenakan, Bank Jambi merupakan salah satu mitra Bank Indonesia dalam perecepatan digitalisasi melalui perluasan media pembayaran transaksi QRIS, sekaligus rekan dalam menyelenggarakan acara Sosialisasi QRIS. \"Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha pelaku UMKM secara lebih luas. Tujuan Bank Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai Rupiah, untuk mencapai tujuan tersebut, Bank Indonesia bertugas untuk mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran baik secara tunai maupun nontunai,\" jelasnya.

Maka dari itu, BI dengan Pemerintah telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mendorong masyarakat menggunakan instrumen pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi sehari-hari.

Pesatnya perkembangan industri dan meningkatnya adopsi masyarakat terhadap smartphone di Indonesia mendorong perusahaan teknologi dan keuangan memanfaatkan teknologi sebagai media pembayaran retail. \"Kami mengharapkan, melalui acara Roadshow Sosialisasi dan Implementasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada hari ini, implementasi QRIS di Kabupaten Sarolangun dapat terus meningkat, serta membawa banyak dampak positif bagi Pemerintah, Institusi Keuangan, Pelaku Usaha, serta seluruh Masyarakat di Kabupaten Sarolangun,\" pungkasnya. (hdn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: