PKS Condong Pemilu Digelar Februari 2024

PKS Condong Pemilu Digelar Februari 2024

JAMBI- Presiden PKS, Ahmad Syaikhu lebih condong Pemilihan Umum (Pemilu) digelar pada Februari 2024, sesuai usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini berbeda dengan usulan pemerintah yang menghendaki agar Pemilu digelar pada Mei 2024.

Menurutnya, jika Pemilu digelar Februari maka masih memungkinkan Pilkada dilaksanakan di akhir tahun. Apalagi masih ada waktu 2 tahun untuk mempersiapkan Pilkada agar bisa berjalan maksimal.

\"Memang saat ini masih tarik ulur jadwal Pemilu. Jika digelar Februari maka masih sangat mungkin Pilkada dilakukan di akhir tahun 2024, termasuk soal proses penganggaran,\" katanya Ahmad Syaikhu saat berkunjung ke DPW PKS Provinsi Jambi, Sabtu (30/10).

Ahmad Syaikhu berharap agar proses pembahasan jadwal Pemilu dan Pilkada serentak bisa selesai dalam waktu dekat ini. Menurutnya perlu political will dari pemangku kepentingan untuk menyelesaikan polemik ini.

Sebelumnya anggota DPR RI dari fraksi PKS Mardani Ali Sera juga menyarankan agar pemerintah ikut dengan usulan KPU. \"Niat pemerintah baik, biar tidak terlalu lama waktu jeda antara presiden terpilih dan waktu pelantikannya. Tapi sebaiknya pemerintah ikut KPU karena simulasi yang dilakukan sudah matang,\" katanya.

Ia menyarankan agar pemerintah berhati-hati dengan jadwal Pemilu. Alasannya dari berbagai simulasi yang dibuat pemerintah, ada kekurangan dalam memperhitungkan tahapan, mulai dari verifikasi parpol, pendaftaran paslon perseorangan di Pilkada hingga verifikasinya.

\"KPU sendiri mengusulkan Februari sudah menyatakan berat. Sehingga apabila pelaksaan di Februari akan memberikan kelapangan waktu persiapan bagi KPU,\" tukasnya. (aiz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: