Membanggakan, BAN-SM Jambi Lebih Target Kuota Akreditasi

Membanggakan, BAN-SM Jambi Lebih Target Kuota Akreditasi

JAMBI-Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah Provinsi Jambi mendapatkan apresiasi dari BAN-SM Pusat. Dimana BAN-SM Provinsi Jambi pada tahun 2021 bisa mengakreditasi sekolah/madrasah melebihi kuota yang ditetapkan BAN-SM Pusat.

”Hal yang sangat membanggakan karena Jambi bisa menambah kuota 35 S/M dari kuota awal tahun hanya 95 S/M. Ini sangat menggembirakan karena bisa melebihi sassaran yang ditetapkan nasional,” ujar Pembina BAN-SM Jambi, Prof. Dr. H. Aris Munandar, MPd saat membuka kegiatan Verifikasi dan Validasi (Verval) dan Penyusunan Rekomendasi BAN-SM Jambi kemarin.

Dirinya sangat berterima kasih kepada BAN-SM Jambi, disaat ada provinsi yang berada di bawah sasaran nasional, justru Jambi bisa menambah kuota. ”Sisa kuota yang tidak terserap di provinsi lain itu disebar diberbagai daerah, salah satunya kuota BAN-SM Jambi, ” bebernya.

          Walaupun sudah dapat tambahan kuota 35 S/M dari kuota sebelumnya, tetapi pelaksanaan Verifikasi dan Validasi (Verval) di BAN-SM Provinsi Jambi lebih awal dibandingkan daerah yang juga mendapatkan kuota tambahan dari BAN-SM Pusat.

          “Alhamdulillah Jambi bisa mempercepat Verifikasi dan Validasi (Verval) dan Penyusunan Rekomendasi. Padahal Jambi dapat tambahan kuota, tetapi pelaksanaan Verval lebih cepat,” aku Prof Aris.

Dikatakan Aris, dengan melampaui target maka diharapkan tahun depan kuota bisa bertambah dan bisa lebih baik lagi. “Harus bisa lebih baik lagi,” pintanya.

Terkait pelaksanaan Verval dibeberapa daerah lain, Prof. Aris menemukan hal yang kurang mendukung dari asesor. Dimana ada gejala tahun ini kerjasama antara asesor terjadi secara masif dan sebagian nilai yang diupload sama antara dua asesor.

”Beberapa komponen antara nilai asesor 1 dan 2 sama, termasuk kesimpulannya sama. Rekomendasi tidak dibenar-benar diperiksa asesor. Contohnya masih ada kesamaan rekomendasi tapi nilai A atau B. Kita mengharapkan kita mencari permasalahan ini dan kita berharap ke depan kita makin mencermati masalah ini,’’ harapnya.

          Sebelumnya Ketua BAN-SM Provinsi Jambi, H. Muhd. Saleh, MPd mengatakan, pelaksanaan Verifikasi dan Validasi (Verval) dan Penyusunan Rekomendasi BAN-SM Jambi dilaksanakan pada 3-5 November 2021. Dihadiri Pembina BAN-SM Provinsi Jambi, Prof. Dr. H. Aris Munandar, M.Pd dan Tim Ahli BAN-SM Dinan Hasbudin.

          ”Jumlah sekolah yang di Verifikasi dan di Validasi sebanyak 158 S/M. Mereka terdiri sekolah baru dan tidak terakreditasi sebanyak 85 S/M, tahap 2 sebanyak 38 S/M (Indikasi penurunan kinerja) dan tahap 35 (kuota tambaan),” aku Saleh dalam sambutannya kemarin. (kta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: