Pengabmas (PKM) Dikti Dosen Unbari, Bantu Tingkatkan Penghasilan Petani Ikan Kolam Melalui Pico Hydro

Pengabmas (PKM) Dikti Dosen Unbari, Bantu Tingkatkan Penghasilan Petani Ikan Kolam Melalui Pico Hydro

JAMBI - Pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) Dosen Universitas Batanghari (Unbari) Jambi Ristek Dikti Tahun 2021, berusaha membantu peningkatan penghasilan petani ikan kolam melalui Pico Hydro. Ketua Tim Pengabmas Unbari, Mufidah didampingi tim Albetris dan Leily Wustha Johar mengatakan, pengabmas yang dilakukan bersama timnya adalah memanfaatkan cahaya untuk menarik serangga bagi ikan patin dikolam-kolam di Desa Lopak Alai Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi.

\"Cahaya

\"Yang kami buat adalah pembangkit listrik tenaga Pico Hydro, yang berasal dari kolam tenang, dalam hal ini kolam tadah hujan di Desa Lopak Alai,\" kata Mufidah Sabtu (6/11).
Dikatakannya, dengan Pico Hydro ini nantinya petani ikan kolam bisa lebih menghemat energi listrik dan menghasilkan cahaya, yang berguna untuk menarik serangga masuk ke dalam kolam. Serangga tersebut nantinya sebagai tambahan pakan bagi ikan-ikan dikolam.

\"Pico
\"Karena ikan-ikan patin terlebih anak ikan patin butuh banyak pakan. Sehingga kami harus mencari alternatif lain yang lebih murah dan penambahan gizi bagi ikan-ikan kecil, karena itu kami buat pembangkit listrik Pico Hydro ini,\" terangnya.
Sementara, Albetris anggota tim menambahkan, dirinya dari tim pemasaran marketing Unbari, setelah ikan patin dipanen dan diolah menjadi abon ikan, pihaknya siap membantu dalam pemasaran.

\"
\"Kami siap membantu pemasaran abon ikan patin secara online melalui medsos. Kami pun akan membantu petani ikan kolam untuk membuat laporan keuangan untung dan rugi ikan patin yang dijual,\" ujar Albetris.

\"Foto
Leily Wustha Johar yang juga anggota tim memaparkan, pembangkit listrik tenaga Pico Hydro ini menghasilkan daya 270 watt. Dengan daya tersebut dapat digunakan bagi 10 lampu daya 10 watt, sedangkan 125 watt digunakan untuk pompa air.
\"Jadi beban daya yang digunakan hanya 225 watt. Alat yang digunakan adalah turbin yang terbuat dari skop pasir, yang dikasih generator batere, kemudian ditambah inverter untuk membolak-balikan arus, setelah itu baru dibebani ke lampu dan pompa air,\" urai Leily Wustha Johar.

\"Pembangkit
Ketua Pokdakan Harapan Makmur Desa Lopak Alai Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi, Sapir mengucapkan banyak terima kasih atas pengabmas Unbari dan bantuan yang diberikan berupa pembangkit listrik Pico Hydro.
\"Bagi kami ini sangat bermanfaat sekali. Dengan bantuan yang diberikan, mudah- mudahan hasil keuntungan mengalami peningkatan,\" harap Sapri.
Terlebih dengan alat tersebut dapat melakukan sirkulasi air kolam. Dengan alat pun serangga pada malam hari bisa berdatangan, yang nantinya menjadi pakan bagi ikan dikolam.

\"akan
\"Bisa menambah pakan ikan dan mengurangi konsumsi pakan pabrik, hasil keuntungan kami pun bisa mengalami peningkatan. Modal untuk pakan pabrik berkurang, kentungan pun ikut bertambah,\" tandasnya. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: