Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Pertanian UNJA Melakukan Pemetaan Potensi Desa Ibru

Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat, Fakultas Pertanian UNJA Melakukan Pemetaan Potensi Desa Ibru

JAMBI - Melihat pentingnya peningkatan pengetahuan dan wawasan Aparat Pemerintah Desa tentang peta dan pembuatan peta, Fakultas Pertanian UNJA menggelar Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan pada bulan Juli hingga November, kegiatan diisi dengan Sosialisasi, penyuluhan dan FGD dengan produk akhir pengabdian yaitu peta potensi desa. Bertempat di Desa Ibru, Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi yang merupakan n salah satu Desa Laboratorium Terpadu Universitas Jambi.

\"Peta

\"Ini penting dilaksanakan guna memberikan pemahaman yang baik kepada aparatur desa tentang peta dan tahap pembuatan peta, selain itu ini juga mendorong suksesnya program pemerintah pusat dalam pengumpulan data spasial pada tingkat wilayah desa,\" Jelas Ketua Tim Pengabdian, Dr. Ir. Mohd. Zuhdi, M.Sc.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan, Kamis (29/7) dengan peserta Aparat Pemerintah Desa, Kades, Kadus, Ketua RT di desa tersebut dan BUMDES Suka Makmur, sebagai mitra dari program pengabdian.

Dalam kegiatan ini, Tim Pengabdian Fakultas Pertanian menghasilkan Peta Potensi Sumberdaya Lahan Desa Ibru Skala 1 : 10.000 sebagai alat komunikasi dan perencanaan kegiatan pemanfaatan lahan di Desa Ibru.

\"Kami mengucapkan terimakasih kepada tim, karena telah melakukan pemetaan yang dilakukan sangat lengkap karena ini salah satu corong pembangunan kedepannya,\" Tegas Kepala Desa Ibru, Arman.

Tim pengabdian ini terdiri, Ketua Tim, Dr. Ir. Mohd. Zuhdi, M.Sc., dan anggota - anggota tim yang terdiri dari Dr. Ir. Heri Junedi, M.Sc., Dr. Ir. Asmadi Saad, M.Si., Diah Listyarini, S.P., M.Si., dan Agus Kurniawan M., S.P., M.Si.

\"Harapannya dengan pemetaan lahan ini akan menjadi kekuatan bagi kami untuk menjalankan program yang ada di BUMDES, khususnya peta yang menyajikan lokasi produk-produk pertanian yang dikelola sehingga masyarakat luar mudah untuk mengetahui dan pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat di Desa Ibru,\" Ir. M. Anggoro Kasih, S.P., Direktur BUMDES Suka Makmur. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: