Temui Ratusan Supir Batubara, Gubernur Janji Atur Ulang Upah Angkut Yang Layak

Temui Ratusan Supir Batubara, Gubernur Janji Atur Ulang Upah Angkut Yang Layak

JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris turun tangan menemui ratusan Aliansi Supir Batubara Provinsi Jambi di lapangan Kantor Gubernur Jambi.

Kepada massa supir yang telah memadati lapangan sejak pukul 10.00 WIB ini, Haris berjanji akan mengatur ulang upah angkut kendaraan batu bara yang layak bagi para supir. Dan penghitungan akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dengan masukkan para supir.

\"Kita harap upah angkut ditambah, sehingga kami akan hitung harga batubara dunia dan jarak juga saya hitung. Kami atur mudah-mudahan dapat angka, kami akan undang 36 pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) juga kedepannya,\" ujar Haris di hadapan massa.

Ia juga mengatakan, yang terjadi selama ini pengusaha semakin kaya. Sedangkan supir menderita. Ditambah lagi dengan upah angkut Rp93 ribu habis untuk hau-hau (bayar administrasi) di jalan. \"Tadi pak Kapolda Jambi juga sudah mengatakan jika ada yang menganggu (temuan) di jalan, bisa menghubungi beliau, ini agar supir batu bara tak dapat capek saja lagi, karena kami sadar supir bekerja untuk isi perut,\" akunya.

Sementara itu, supir angkutan batubara yang berorasi sambil berdiri diatas truk menuntut keadilan. \"Kami minta truk CPO, Cangkang, Semen juga diberlakukan hal serupa seperti batu bara. Lalu kami juga meminta diberlakukan buka tutup jam operasional,\" sebutnya.

Aksi unjuk rasa ini sendiri berakhir pada 13.30 WIB, dan terlihat para supir berangsur meninggalkan lapangan kantor gubernur. (aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: