Geopark Merangin Perlu Diperkenalkan Pada Generasi Muda

Geopark Merangin Perlu Diperkenalkan Pada Generasi Muda

JAMBI - Sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan sekaligus sosialisasi tentang Geopark Merangin Jambi dari segi sejarah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi mengadakan kegiatan Lomba Literasi Geopark Merangin. Kegiatan lomba ini telah berlangsung dari tanggal 4 oktober -10 November 2021 lalu, yang diikuti oleh siswa setingkat SM se-Provinsi Jambi.

\"Penyerahan

Dalam lomba ini dibahas tentang folklore (cerita rakyat), mitos, dan sejarah toponim (Asal-usul sejarah sebuah nama tempat) yang terdapat disekitar wilayah Geopark Merangin Jambi, sehingga ini bisa menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.
Kawasan Geopark Nasional Merangin Jambi yang memiliki potensi kegeologian yang sangat tinggi dengan beragam tinggalan-tinggalanya perlu diperkenalkan dan dipahami oleh generasi muda. Memasyarakatkan sejarah melalui bukti-bukti tinggalan sejarah sangat diperlukan, dalam upaya melestarikan dan memberikan pemahaman warisan sejarah tersebut kepada masyarakat. \"Dari sudut pandang kepariwisataan dalam konteks wisata sejarah, kegiatan ini juga penting karena tinggalan sejarah dapat membuat wisatawan senang dan sekaligus memberikan pemahaman tentang keberadaan dan kekayaan alam kita khususnya di bidang sejarah,\" sebut Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Disbudpar Provinsi Jambi, Drs. Feri Marjoni, M.Pd.
Kegiatan lomba Literasi Geopark Merangin dilaksanakan dalam rangka menyikapi beberapa masukan dari pemerhati tinggalan alam kegeologian Jambi, tentang pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan Kawasan Geopark Merangin Jambi. Oleh karena itu, diperlukan tindakan nyata dan pemikiran terhadap perkembangan aktivitas kedepan serta meminimalkan ancaman yang dapat mengganggu kawasan tersebut. \"Lomba ini bertujuan untuk mengenalkan kepada milenial masa kini agar mereka memahami pentingnya tinggalan purbakala, khususnya di Merangin,\" imbuh Feri.
Pemenang terdiri dari juara, 1,2,3, harapan 1,2,3, mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala dan piagam. Penyerahan hadiah dilaksanakan pada acara Geo Fun Rafting di Kabupaten Merangin, pada tanggal 2 Desember 2021 lalu.
Kawasan Geopark Merangin ini memiliki koleksi berupa fosil dari daun kayu, akar dan kerang-kerangan yang diperkirakan berumur lebih dari 300 juta tahun tersebar dari sepanjang Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang. Adapun Geopark Merangin telah ditetapkan menjadi Geopark nasional pada tahun 2013 keragaman geologi yang diapresiasi sebagai warisan geologi (geosite). (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: