Kemelut Yayasan dengan Rektor Unbari

Kemelut Yayasan dengan Rektor Unbari

Oleh:  Abdul Bari Azed

PUBLIK Kota Jambi khususnya civitas akademika dikejutkan dengan beberapa berita dari medsos dan media cetak.Yayasan Pendidikan Jambi Polisikan Rektor H.Fachruddin Razi. Camelia duga Pencucian uang Itu judul berita media sosial yang dikutip dari Metro Jambi terbitan tanggal 12 Januari 2022. serta Metrojambi.com tertanggal yang sama 12 Januari 2022.

Kemudian JekTV berjudul dari video Polemik Dualisme Rektor Unbari. Berita ini tentu mendapat sorotan dari publik  mengingat Universitas Batanghari sebagai universitas tertua dan terbesar di Provinsi Jambi.

 Sampai disini dari berita dan video yang beredar rating netizen luar biasa naik. ingin tahu apa sebenarnya yang terjadi di Universitas Batanghari. Tentu saja betapa girangnya Ketua Umum Yayasan Camelia Hasip (CH) dengan membuat opini sedemikian rupa dan ini memang bagian dari strategi untuk menghantam \"lawan\" dalam psywar.  Tentu saja pihak Rektor Fachruddin Razi (FR) tidak tinggal diam.

Berselang dua hari kemudian muncul pemberitaan di media sosial dan media cetak dengan judul-judul yang penulis kutip sebagai berikut \"Yayasan Pendidikan Jambi Yang diketuai Camelia Tidak Diakui Unbari \" ( lalanesia.com  13 - 1 -22), \" Kuasa Hukum Unbari Siap Hadapi Gugatan Yayasan Pendidikan Jambi\" ( onlinejambi.com 13-1-22) , \"Persoalan Unbari, Pemprov Jambi Diminta Tuirun Tangan selesaikan\" ( Jambi terkini 13-1-22)

Disamping berita yang dari media sosial, penulis juga mengutip judul berita dari media cetak terbitan lokal Jambi, yaitu \"Pemprov Diminta Ikut Selesaikan Polemik Unbari ( Jambi one 14-1-22), \"Harus diselesaikan dengan Mediasi\" (Jambi Independent 15-1-22), \"Siap Hadapi Laporan Pihak Yayasan\" (Tribun Jambi 15-1-22) serta Kisruh Unbari Berbuntut Panjang\" (Jambi Ekspres 15-1-22).

 Tidak dapat kita pungkiri memang berita-berita tentang konflik Universitas Batanghari ini memang menarik perhatian publik Karena ada suatu pepatah yang dikenal di lingkungan para jurnalis/wartawan. Bahwa apabila seeokor anjing menggigit manusia itu adalah hal yang biasa di dalam kehidupan kita sehari-hari. Tetapi apabila seorang manusia menggigit seekor anjing itu baru berita atau news.Maka berita tentang Universitas Batanghari diklasifikasikan sebagai news yang sangat menarik untuk diikuti bagaimana akhirnya kemelut di tubuh Universitas Batanghari tersebut.

 Sejarah singkat

Atas prakarsa beberapa orang alumni IKIP Bandung yang berasal dari Jambi di dirikan IKIP Jambi pada tanggal 17 Februari 1967. Pada tahun 1968 dalam akta Notaris Monang Napitupulu Nomor 9 tanggal 7 Mei 1968 didirikan Yayasan Pergurunnan Batanghari sebagai Badan Penyelenggara IKIP Jambi.

Selanjutnya di awali dengan niat baik  beberapa tokoh Jambi dengan menyisihkan uang Rp 100.000 mendirikan Yayasan Pendidikan Keguruan Jambi. Dengan pendiri Djamaluddin Tambunan Gubernur Provinsi Jambi, Abdurrahman Sayuti Sekwilda Tk I Jambi, Ahmad Musa, Kakanwil Diknas Provinsi Jambi, Ismail Muhammad Kabiro Kesra Prov Jambi, Husin Syakur Kabag Pendidikan Kesra Prov Jambi, Hasip Kalimuddin Syam Kadis Pendidikan Prov Jambi serta Drs R. Zainuddin dosen IKIP Jambi.

Pada tanggal 19 Nopember 1977 menghadap kepada Notaris Monang Napitupulu Abdurrahman Sayuti selaku Ketua yayasan Pendidikan Keguruan Jambi dan Ismail Muhammad selaku Sekretaris telah merubah nama dari yayasan Pendidikan keguruan Jambi menjadi yayasan Pendidikan Jambi serta melakukan penambahan beberapa pasal dari akta pendiriaan Nomor 9 tanggal 12 Mei 1977.Bahwa yayasan ini di jalankan oleh dua organ yaitu Pendiri dan pengurus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: