Al Haris : Pemprov Terus Berupaya Jaga Stabilitas Ekonomi Jambi

Al Haris : Pemprov Terus Berupaya Jaga Stabilitas Ekonomi Jambi

JAMBI – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya dan berkomitmen dalam menjaga stabilitas perekonomian di Provinsi Jambi, terlebih ditengah pandemi covid-19 dan kenaikan harga minyak sayur beberapa waktu yang lalu.

Hal tersebut dinyatakan Al Haris pada Rapat Koordinasi Perdagangan se- Provinsi Jambi bersama Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum\'at (25/02).

\"Gubernur

Al Haris mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Perdagangan RI yang bersedia hadir pada rapat ini dan ini menunjukkan kepedulian dari Bapak Menteri terhadap Provinsi Jambi.
“Kehadiran Bapak Menteri di Jambi ini adalah suatu bentuk kepedulian beliau, dan kepekaan beliau terhadap isu-isu strategis yang sedang berkembang terkait perindustrian dan perdagangan, diantaranya terkait kenaikan dan kelangkaan minyak sayur secara siginifikan yang terjadi di Indoensia, khususnya di Provinsi Jambi dalam waktu beberapa minggu terakhir,\" ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, kenaikan dan kelangkaan minyak sayur tentunya berdampak terhadap peningkatan perekonomian Provinsi Jambi. “Permasalahan ini menjadi perhatian kita bersama, khususnya isu strategis terkait kenaikan dan kelangkaan minyak sayur. Saya meminta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, pengusaha, dan distributor untuk tetap menjaga stabilitas harga, tutur Al Haris.
Hari Kamis tanggal 24 Februari 2022 kemarin saya sudah mengadakan pertemuan bersama distributor minyak sayur yang ada di Jambi, dan hasilnya adalah untuk persediaan kebutuhan konsumsi minyak sayur di Provinsi Jambi dalam kondisi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Saya berpesan, kepada masyarakat agar tidak melakukan panic buying atau membeli barang secara berlebihan sehingga menyebabkan kelangkaan barang, karena kondisinya dalam keadaan aman,” ungkap Al Haris.

Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, mengatakan, ingin memastikan stabilitas barang di beberapa daerah, termasuk Provinsi Jambi, sehingga sengaja berkunjung ke Provinsi. “Kedatangan saya ke Jambi bukan dalam rangka inspeksi mendadak, saya ke Jambi karena ingin memastikan bahwa stok barang di Provinsi Jambi dalam kondisi aman, sehingga tidak terjadi kelangkaan barang, kata Lutfi.
Lutfi mengharapkan, Pemerintah Provinsi Jambi bersama para pengusaha untuk terus menjaga stabilasi harga agar tidak terjadi kelangkaan barang. “Stabilisasi harga harus tetap dijaga, baik itu melalui operasi pasar dan lain sebagainya. Pemerintah Provinsi Jambi harus benar benar mengawal dan melakukan intervensi pasar agar tidak terjadi lonjakan harga dan kelangkaan barang yang begitu signifikan sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” sebut Lutfi.

Sebelumnya, Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mendampingi Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi melakukan peninjauan Pasar Modern Angso Duo untuk mengecek secara langsung terkait permasalahan minyak sayur yang terjadi beberapa minggu terakhir dibeberapa daerah termasuk Provinsi Jambi, Jum\'at (25/02).

Pada sesi wawancara, Lutfi menjelaskan, kedatangan ke Jambi ini untuk memastikan kelancaran pasokan minyak sayur, sehingga pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap minyak sayur bisa terpenuhi.
“Ketersediaan minyak sayur di Provinsi Jambi sudah sesuai dengan data jumlah angka yang ada di dashboard milik Kementerian Perdagangan RI dengan data yang ada di lapangan. Data di Provinsi Jambi secara angka sangat positif dan baik sesuai dengan yang ada dilapangan, serta permasalahan distribusinya telah diatur oleh Pemerintah provinsi Jambi dan saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jambi, jelas Lutfi.


Saya mengucapkan terima kasih dan merasa bangga kepada Pemerintah Provinsi Jambi karena angka di dashboard pada Kementerian Perdagangan RI sama dengan data yang ada di lapangan, serta di Provinsi Jambi tidak terjadi antrian panjang untuk membeli minyak sayur. Dari beberapa Provinsi di Indonesia yang saya kunjungi, hanya Provinsi Jambi pertama kalinya secara angka bernilai positif dan baik, dimana pendistribusian barang sudah diatur oleh Pemerintah Provinsi Jambi, pencapaian ini agar terus dipertahankan,\" lanjut Lutfi.

Lutfi mengungkapkan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagagangan akan menjamin ketersedian pasokan CPO agar tetap aman. Untuk itu, koordinasi dengan Dinas Perdagangan yang berada di daerah menjadi sangat penting guna memastikan upaya ini terlaksana dengan baik. “Jika daerah menemui kendala atau permasalahan, dapat segera menghubungi Kementerian Perdagangan. Saya mengharapkan adanya kerja sama yang baik untuk memastikan ketersediaan minyak sayur dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Lutfi. (adv/aba)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: