Beredar Foto RA Kartini Berhijab dan Berkacamata di Sosmed

Beredar Foto RA Kartini Berhijab dan Berkacamata di Sosmed

JAMBIEKSPRES.CO.ID-Ada-ada saja kehebohan yang terjadi di dunia sosial media, kali ini foto pahlawan RA Kartini yang mengenakan jilbab dan kacamata yang menarik perhatian. Foto ini pertama kali terpantau oleh www.fin.co.id melalui akun @arimbi98 pada Kamis (24/2/2022). Raut wajah Kartini memang tak banyak berubah, namun jilbab putih yang dikenakan terlihat seperti asli, tidak terlihat seperti hasil editan, Belum diketahui persis apakah pemilik akun yang mengedit atau ia juga mengambil foto dari sumber tertentu.

Selain mengenakan jilbab, Kartini juga terlihat mengenakan kacamata berbingkai hitam. Beragam komentar muncul melihat hasil upload foto Kartini ini. Caption foto menerangkan \"Photo asli RA Kartini ketika menjadi santri Kyai Saleh Darat. Tidak memakai konde dan berkebaya. Foto RA Kartini yang berkonde dan berkebaya versi Belanda akan terus dikeluarkan oleh kaum sekuler agar RA Kartini tetap dikenang sebagai perempuan yang tak mau berjilbab.\" Caption ini mencoba meyakinkan follower bahwa ini merupakan foto asli Kartini saat menjadi santri Kyai Saleh Darat.

Sebenarnya tahun 2018 silam pernah beredar foto Kartini mengenakan hijab. Namun banyak pakar sejarah meragukan keaslian foto tersebut. Sebab, tidak ada catatan dalam sejarah Kartini mengenakan hijab dan lagipula hasil uji forensik pada foto tersebut ada banyak cacat fisik foto terutama di bagian kepala.

Info bahwa RA Kartini adalah seorang santriwati adalah benar. Namun, tidak ada literasi yang menyebut Kartini pernah tinggal di pondok pesantren. Tetapi, Kartini memang belajar Agama Islam kepada KH Muhammad Sholeh bin Umar Assamarani atau Mbah Sholeh Darat. Ini terjadi antara tahun 1899 hingga 1902. Dikutip dari situs https://jatim.nu.or.id.(fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: