Pola Tidur Anak Muda Berubah Sejak Pandemi

Pola Tidur Anak Muda Berubah Sejak Pandemi

JAMBI-Pandemi telah membuat banyak hal berubah, termasuk pola tidur anak muda. Alda, pelajar SMAN 10 Batanghari menyoroti perubahan ini bercermin dari apa yang ia alami dan teman-temannya alami. Dari survey yang dilakukan terhadap 10 temannya, 70 persen mengaku jam tidur mereka lebih larut dibanding dulu saat sekolah masih normal.

“Ini saya alami sendiri, dan banyak teman lain juga mengalami hal ini,” ujar Alda. Ada banyak alasan dan faktor yang membuat pola tidur anak muda berubah, salah satunya adalah semakin kurang aktivitas di sekolah. “Dulu waktu kita banyak dihabiskan untuk belajar, bersosial dan beraktivitas di sekolah, pulang sekolah pun masih ada banyak kegiatan, sampe di rumah terasa lelah, malam jadi cepat tidur,” lanjut Alda. Sementara selama pandemi, meski telah mulai belajar tatap muka, berbagai aktivitas banyak dibatasi, tak banyak kegiatan ekstrakurikuler yang diizinkan oleh pemerintah, jam belajar juga jauh berkurang, “Gerak fisik pun turun,” lanjut cewek yang sebelum pandemi juga aktif sebagai penari ini.

Ada satu fenomena lain yang menganggu tidur anak muda selama pandemi yaitu pengaruh handphone. “Larut bermain sosial media, main game, nonton drama dan lainnya, itu juga membuat pola tidur otomatis berubah,” lanjut Alda. Ia juga berbagi tips mengatasi agar pola tidurnya tidak semakin larut, salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga diakuinya cukup membantu agar bisa tidur lebih awal. “Biasanya saya joging atau sepeda, namun pengaruh godaan ponsel kadang juga jadi masalah,” tambahnya.

Hal terberat lain yang harus dihadapi cewek kelahiran 16 Agustus 2004 ini adalah melawan rasa ingin berlama-lama menatap layar ponsel. Ada satu kebiasaan, semakin dilihat akan semakin seru dan semakin lupa tidur. “Kadang saya mengalihkan itu dengan membuka buku pejaran,” ujar Alda. Ia mengaku masing-masing anak muda sebenarnya memiliki caranya sendiri mengatasi pola tidur yang berubah sejak pandemi ini. “Ada yang olahraga, menghindari tidur siang agar malamnya bisa tidur cepat dan bahkan ada teman lainnya yang sengaja menyimpan handphonenya di lemari jika sudah masuk jam tertentu.. Tak kalah pentingnya adalah ikut menjaga pola makan dan tetap menjaga kesehatan. “Jujur saya pun masih sering tidur larut, itu membuat lelah diri sendiri, jadi memang harus dilawan dengan cara kita masing-masing,” ujarnya menutup wawancara. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: