Raih 13,6 Juta Suara di Pemilu 2019, Parpol Nonparlemen Sepakat Bentuk Sekber Koalisi Pilpres

Raih 13,6 Juta Suara di Pemilu 2019, Parpol Nonparlemen Sepakat Bentuk Sekber Koalisi Pilpres

Wakil Ketua Umum PBB Tatang Zaenuddin mengatakan pertemuan enam parpol nonparlemen secara intens akan memonitor perkembangan dinamika politik Indonesia. “Prinsipnya pertemuan atau silaturahmi ini kita akan lakukan secara intens dalam rangka terus memonitor perkembangan dinamika-dinamika politik di Indonesia,” ujar Tatang.

Adapun, Partai Hanura yang diwakili oleh Suhendri menyebutkan pihaknya sepakat dan sepaham dengan apa yang didiskusikan partai politik nonparlemen itu. \"Ide baru ini kami kira sangat brilian. Hanura tentu akan mendukung dan akan selalu melangkah untuk mencapai apa yang kita rencanakan. Mudah-mudahan terus berlanjut dan akan terwujud,\" tegas Suhendri.

Dalam pertemuan tersebut, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), PSI, Partai Hanura, PKP, PBB dan Partai Garuda membahas wacana koalisi untuk Pemilu 2024. Ke depan, Partai Berkarya juga akan masuk dalam koalisi tersebut.

Adapun, total suara ketujuh parpol itu pada Pemilu 2019 mencapai 13,6 juta suara. \"Tujuh partai politik, termasuk Berkarya, secara keseluruhan memperoleh hampir 13,6 juta suara, terbesar nomor 2 setelah PDIP. Maju terus kawan-kawan,\" kata Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Hary selaku penggagas pertemuan tersebut memaparkan hasil pertemuan Parpol Nonparlemen, di antaranya pertemuan ini adalah silaturahmi mengingat partai-partai tersebut adalah peserta Pemilu tahun 2019. Kemudian, dengan jumlah suara yang besar keenam partai tersebut memutuskan untuk mewacanakan bersama-sama menjadi satu koalisi untuk ikut kontestasi pencapresan tahun 2024. (aiz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: