Anak Muda Juga Pahlawan Pariwisata

Anak Muda Juga Pahlawan Pariwisata

JAMBI-Potensi wisata nusantara kini kian populer. Saat pandemi, banyak spot wisata domestik menjadi tujuan kunjungan masyarakat. Namun sadarkah kita? Popularitas spot wisata itu juga karena andil dan peran anak muda. Demikian dikatakan Eva Triyani, Duta Wisata Remaja Provinsi Jambi 2022 yang juga sisiwi kelas X SMAN 1 Batanghari.

Anak muda dikatakan Eva lebih akrab dengan sosial media, itu menjadi keuntungan tersendiri bagi popularitas pariwisata Indonesia. “Pengaruh sosial media sangat baik untuk promosi, dan mereka yang aktif memanfaatkan media sosial adalah anak muda seperti kita-kita,” lanjut Eva.

Bisa bayangkan saat ada banyak anak muda mengupload foto spot wisata, itu akan mudah tersebar dan mudah viral dan otomatis itu adalah promosi paling ampuh, maka itu menguntungkan lokasi tujuan wisata tersebut. Setelah tersebar, itu akan memancing banyak orang untuk datang berkunjung.

“Jadi jangan anggap remeh peran anak muda dalam perkembangan dunia pariwisata Jambi dan nusantara pada umumnya,” lanjut Eva. Gadis yang suka dunia modelling, voli dan basket ini juga menghimbau seluruh anak muda ikut membantu pemerintah mempromosikan spot wisata yang ada di sekitar kita agar kian ramai dikunjungi dan kian hidup perekonomian bangsa kita.

“Kadang satu upload foto saja, itu sudah sangat berharga mempromosikan pesona wisata kita,” lanjut Putri Kartini Provinsi Jambi 2021 ini. Apalagi banyak lokasi kunjungan wisata di negeri kita yang cantik dan indah. “Jangan hanya bangga sama luarf negeri, negeri kita tak kalah indahnya, tinggal bagaimana kita mengemas dan mempromosikannya,” lanjut Eva.

Ia juga berharap pemerintah kian fokus membenah lokasi wisata yang masih ada kekurangan. “Kalo itu spot yang dikelola oleh swasta atau BUMDes, biasanya fasilitasnya lebih baik, mulai dari toilet, kebersihan dan ketertiban parkir, namun kadang masalah timbul saat lokasi wisata yang dikelola pemerintah, masih ditemukan toiletnya ga ada air, parkir mahal, jadi semoga ini kian fokus dibenah agar pengunjung kian nyaman,” lanjutnya. Ia juga optimis pariwisata yang bangkit akan membantu masyarakat secara luas. Mengingat terkait dengan banyak pihak, misal masyarakat sekitar lokasi wisata pastai akan ikut merasakan dampaknya, kunjungan meningkat warga bisa menjual banyak makanan, souvenir dll, menyerap tenaga kerja dan itu tentu menguntungkan semua pihak. “Jadi ayo kita promosikan spot wisata yang ada di sekitar kita, jangan malu, karena satu saja upload foto dari kita sangat berarti dan besar dampaknya, gunakan sosmed secara bijak, jangan pelit pujian, yakinlah,dengan upload satu foto saja itu sudah sangat berjasa dan bermanfaat bagi masyarakat kita,” lanjut Eva lagi. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: