>

Bangga Jadi Generasi Z Asal Batanghari

Bangga Jadi Generasi Z Asal Batanghari

JAMBI-Penyuka basket ini lahir di Kabupaten Batanghari 4 Agustus 2005. Ia termasuk generasi Z yang dari lahir dan tumbuh jadi remaja di Kabupaten Batanghari. Kini gadis bernama lengkap Naila Agustin ini sekolah di SMAN 6 Batanghari. Baginya Kabupaten Batanghari itu istimewa, bukan kabupaten yang besar, tidak ada mall, tidak ada bioskop, namun di sini ia merasa aman dan nyaman.

“ Kabupaten Batanghari itu menyimpan banyak pesona,” ujar Naila. Pesona Batanghari diantaranya, banyak kawasan masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Batanghari. “Bagi mereka yang tidak pernah melihat kehidupan di kawasan pinggir sungai pasti akan melihat sisi ini sangat menarik,” lanjutnya. Kita bisa dengan mudah menemukan alat transportasi sungai, penyebrangan dan juga melihat aktivitas masyarakat di sekitarnya.

Kabupaten Batanghari juga dikatakan Naila sangat subur, kehidupan masyarakatnya banyak bergantung dengan perkebunan karet dan sawit. “Tak hanya itu, di sini juga banyak durian, kalo orang kota Jambi makan durian saat musimnya, itu juga banyak yang berasal dari sini lo,” lanjutnya. Negeri dengan motto Serentak bak Regam ini juga diakui Naila kaya akan hasil bumi tambang, ada beberapa tambang batubara berada di kabupaten Batanghari. “Yang terbaru, di Kabupaten Batanghari sebentar lagi juga akan ada pelabuhan yang bisa mengangkut batubara dari Batanghari langsung ke ke laut lepas juga bisa untuk jalur ekspor, keren pokoknya” lanjutnya.

Batanghari juga disebut Naila punya banyak lokasi wisata menarik. Salah satunya wisata sejarah di Tembesi. “Mungkin tak banyak yang tau bahwa Pasar tembesi itu adalah tempat bersejarah sejak zaman Belanda, hingga kini beberapa bangunan peninggalan Belanda pun masih ada di Tembesi, jaraknya juga tak jauh dari Kota Jambi, bagi yang suka wisata sejarah bisa main ke Kabupaten Batanghari,” lanjut semi finalis Duta Fazzio Jambi 2022 ini.

Meski beberapa waktu terakhir Batanghari mulai dikenal sebagai jalur macet truck batubara, namun kata Nayla sejak mulai ditertibkan jadwal tempuhnya oleh pemerintah, kondisi sudah mulai membaik meski tetap padat merayap. “Tapi kan Batanghari itu luas, ngga hanya sebatas jalur lintas, ayo main ke Batanghari masih banyak kecamatan-kecamatan yang bisa di eksplore, Batanghari itu negeri yang indah, lihat langsung deh,” tambahnya bernada promosi. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: