Maulana : KB Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk

Maulana : KB Kendalikan Laju Pertumbuhan Penduduk

JAMBI- Pemerintah Kota Jambi terus berupaya melakukan  peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DPPKB) yang melaksanakan pelayanan KB gratis.

Wakil Walikota Jambi, Maulana mengatakan, program KB selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak. Diharapkan juga dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga. 

“Pada muaranya terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya,\" ujar Maulana. 

Ia mengatakan kenapa pemerintah membatasi punya anak yakni cukup dua. Hal itu supaya anak nantinya betul-betul mendapatkan pendidikan yang layak serta gizi yang cukup.

Sementara Kabid Pembinaan KB, Rohma mengatakan dalam setahun, pihaknya mentargetkan 30 kali pelayanan KB keliling. Pelayanan itu dilakukan secara acak di beberapa wilayah Kota Jambi. Dalam sebulan, KB keliling melayani sebanyak 3 kali dengan tempat yang berbeda. Selain pada KB keliling, di kantor DPPKB juga melayani KB untuk masyarakat. 

\"Seperti pada saat kami melakukan pelayanan KB gratis di Kelurahan Talang Banjar kemarin, ada 87 masyarakat akseptor yang dilayani. Rinciannya pasang implan baru 7 orang, IUD ada 2 orang, suntik 65 orang, kondom 8 orang, dan pencabutan implan 3 orang, serta pemeriksaan IVA Test ada 2 orang. 

\"Kami juga ada pelayanan namanya Antar Jemput Alat Kontrasepsi (AJAK). Jadi kita antar ke rumah,\" katanya.

Rohma mengatakan, dalam setiap kali pelayanan, jumlah akseptor berbeda-beda. Seperti saat pelayanan di Jambi Selatan, jumlah akseptor mencapai 213 orang. Kemudian di Kota Baru mencapai 240 orang.

\"Kami akan mendatangi perumahan-perumahan, pasar, kemudian juga pelaku usaha. Pada dasarnya pelayanan keliling ini untuk mendekatkan pelayanan, karena ada sebagian masyarakat yang jauh jika harus ke kantor,\" katanya.

Salah seorang akseptor KB, Monalisa mengatakan sangat berterima kasih dengan adanya KB gratis yang di selenggarakan Pemkot Jambi tersebut.

“Pelayanannya sangat baik bagi warga masyarakat, kedepan supaya di adakan terus pelayananya KB yang gratis, karena sangat membantu warga,” ujar Mona. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: