Terus Tingkatkan BLU, UIN SUTHA Latih SDM Pengelola Keuangan

Terus Tingkatkan BLU, UIN SUTHA Latih SDM Pengelola Keuangan

JAMBI - Saat ini UIN STS Jambi terus berusaha memberikan banyak perubahan ditingkat Provinsi hingga Nasional, tetapi tentunya perubahan itu harus dimulai dari perbaikan dalam pelaporan keuangan UIN STS Jambi sendiri. Untuk itu, Kamis – Jumat (10-11) Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN SUTHA Jambi melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengelola Keuangan di Lingkungan UIN SUTHA Jambi dengan pemateri Bapak Taufik Kurrahman, S.E., MSA., Ak., Ph.D.

\"Pemateri

“Bekerja harus secara real, apa yang diperiksa dan dilaporkan itu benar. Jangan saling menyalahkan, saling tuduh, fitnah dan adu domba. Jangan sampai nantinya ada penumpang lokomotif yang berhenti di tengah jalan jika kita ibaratkan,” jelas Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D.

\"Foto

Kesalahan dalam pelaporan dan administrasi biasanya terjadi karena dua hal, yaitu adanya ketidaktahuan atau kesengajaan. Dirinya juga berpesan kepada para peserta Takut itu karena kita ada didalam kegelapan dan kita tidak tau kegelapan itu apa (konteks kegelapan itu adalah informasi). Maka dengan adanya pelatihan pengelolaan keuangan ini diharapkan dapat memberikan kejelasan dan informasi yang bisa membangun percaya diri dan bermental benar. Sehingga akan berdampak membantu membangun UIN ini lebih cepat dan lebih besar.

\"Ketua

“Jika pekerjaan itu benar ketika diperiksa oleh pihak yang berwenang, tentu kita akan bermental berani karena sudah bekerja sesuai dengan aturan. Saat ini kita sedang melakukan peningkatan pendapatan BLU yang sejalan dengan pelatihan ini untuk mengimbangi pengembangan SDM sehingga membuat kita lebih yakin bekerja ketika terjadinya peningkatan BLU,” tambah Rektor UIN STS Jambi.

Pemateri memberikan respon positif apa yang disampaikan oleh Rektor, beliau menyampaikan apresiasi dan kagum terhadap semangat Rektor yang ingin meningkatkan pendapatan BLU UIN hingga 10%. Jika hal itu terjadi tentu akan meningkatkan kesejahteraan internal instansi selama pelaksanaannya tetap on the track. Karena kebanyakan kampus sumber pendapatan utamanya hanya dari UKT mahasiswa bahkan hampir 90% tetapi hari ini UIN tidak hanya dari sana, karena UIN hari ini merupakan kampus yang menerapkan layanan BLU.

“Selama dua hari pelaksanaan kegiatan ini akan diberikan materi tentang review Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara atau Lembaga (RKA-KL) mulai dari perencanaan hingga pelaporan dengan harapan output kegiatan ini dapat agar tercipta akuntabilitas dari laporan keuangan dan tata kelola keuangan good governance university,” jelas Ketua SPI, Dr. Novi Mubyarto, S.E.,M.E. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: