Melalui KKN, Ajang Asah Soft Skill Mahasiswa

Melalui KKN, Ajang Asah Soft Skill Mahasiswa

JAMBI - Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi (Unja) menggelar diklat persiapan KKN tematik. Diklat dilangsungkan di Aula Gedung Rektorat Lantai III Unja Mendalo, Rabu (23/03).

Kuliah kerja nyata alias KKN tidak bisa dipandang remeh. Kegiatan ini punya peran penting mengasah soft skill pesertanya. KKN tematik reguler ini akan dilaksanakan selama 40 hari mulai 26 Maret 2022, KKN diadakan di Kabupaten Tebo.

Di Unja, KKN menjadi mata kuliah pilihan. Dan peminatnya adalah mahasiswa yang bersedia membangun desa. Maka dari itu, mahasiswa harus mempersiapkan diri. Sebab bagi masyarakat desa mahasiswa itu serba tahu.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si., menyampaikan bahwa, KKN merupakan salah satu program Unja. KKN juga bisa memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa.

Di samping itu juga bisa mengasah soft skill di tengah masyarakat. Sebab sebuah hasil penelitian mengatakan bahwa kesuksesan seseorang lebih melekat ke arah soft skill. “Dengan mahasiswa ke desa akan melihat betapa pentingnya menerapkan ilmu pengetahuan sosial dan budaya di lokasi KKN. Juga menganalisis desa dan membantu mengatasi permasalahan mereka,\" jelasnya.

Selain itu, KKN juga bisa menjadi sarana berekreasi. \"Dan membawa ide baru kepada masyarakat di sana,” ujar Prof. Rayandra.

Di akhir sambutan, Prof. Rayandra Asyhar, mengucapkan selamat mengikuti kegiatan ini. \"Semoga bermanfaat untuk kalian semua, jadikan pengalaman luar biasa dan semoga bisa menjadi pemimpin yang baik ke depan,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Koordinator Pusat Pelaksana Kukerta Ridhwan, S.Ag., M.E. Sy., Ketua LPPM Dr. Ade Octavia, S.E., M.M., dan Dosen pembimbing lapangan Unja serta mahasiswa peserta KKN.(*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: