Sambut Ramadhan, Prodi Kimia Gelar Khatam Surah Al-Baqarah

   Sambut Ramadhan, Prodi Kimia Gelar Khatam Surah Al-Baqarah

JAMBI – Berbeda dengan ‘Kimia Peduli dan Berbagi’ sebelumnya, pada kegiatan bulanan Mahasiswa Prodi Kimia, Minggu (20/3) mengemasnya dengan kegiatan khattam Surah Al-Baqarah oleh mahasiswa Prodi Kimia dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H.

Ketua Prodi Kimia, Badariah, M.Pd mengatakan, Kimia Peduli kali ini digelar serangkai dengan kegiatan Liqo’ Prodi Kimia yang digelar secara online. Liqo’ sendiri merupakan wadah kajian keislaman yang dilakukan setiap akhir pekan oleh mahasiswa Prodi Kimia.

\"‘Kimia

“Untuk program Kimia Peduli bulan ini kita rangkai dengan kegiatan Liqo’ walaupun masih secara online dan kita harapkan dapat dilaksanakan dengan tatap muka,” jelas Ketua Prodi Kimia.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan cinta membaca Qur’an, dimana membaca Al-Qur’an termasuk salah satu ibadah paling utama, sebab ada berbagai macam manfaat dan keutamaan yang bisa didapatkan saat baca Qur’an.

Sejalan dengan itu, pembimbing khattam, Bunga Andari Mukhtasida, M.Simen bukan hanya menjelaskan keutamaan membaca Qur’an namun juga menghimbau para mahasiswa untuk tidak segan dan selalu belajar membaca Qur’an secara baik dan benar dengan mencermati huruf, tanda bacaan dan tajwid.

“Hadits riwayat At-Tirmidzi, Siapa saja membaca satu huruf dari kitabullah, maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan sepuluh. Akan tetapi dalam membaca Qur’an, kita mesti kenal huruf Hijaiyah, tanda baca ana tauhi rakat dan tajwid atau cara menyuarakan. Karena kesalahan membaca maka terminologinya juga berbeda. Oleh karena itu sebagai muslim, membaca Qur’an mesti sama dengan bacaan Rasulullah SAW. Mari bersama kita perbaiki bacaan Qur’an kita,”himbau ustadzah.

Pada kesempatan ini hadir Wakil Dekan II Fakultas Saintek, Dr. A. Malik, M.Si, Ketua Prodi Kimia Badariah, M.Pd dan pengasuh pondok pesantren Ma’had Rizqullah Jambi Ustadzah Bunga Andari Mukhtasida, M.Si. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: