Alamakkk.. Terlanjur Viral, Polisi Ungkap Tuyul di Cirebon Ternyata Boneka Gantungan Kunci

Alamakkk.. Terlanjur Viral, Polisi Ungkap Tuyul di Cirebon Ternyata Boneka Gantungan Kunci

CIREBON - Kabar penemuan tuyul yang videonya viral dan beredar luas di media sosial, langsung dibantah polisi. Ternyata, benda yang disangka tuyul itu hanyalah boneka gantungan kunci.

Video yang terlanjur viral soal penangkapan tuyul di Desa Buyut Kecamatan Gunugjati Kabupaten Cirebon, Jawa Barat itu pun berakhir antiklimaks. Kapolsek Gunungjati, AKP Abdul Madjid menceritakan, peristiwa ini bermula dari anak-anak yang menemukan boneka gantungan kunci itu di pinggir jalan.

‘Tuyul’ itu kemudian dimasukkan ke dalam botol bekas minuman kemasan, lalu dibawa pulang. Boneka gantungan kunci itu ditemukan, Jumat (25/3) lalu, sekitar pukul 13.00 WIB.

Anak-anak tersebut kemudian menunjukkan temuannya itu kepada sejumlah orang dewasa. Bersamaan dengan itu, ada pula yang merekamnya dan kemudian menyebut boneka gantungan kunci itu sebagai tuyul.

Tak butuh waktu lama, video itu pun menyebar cepat menyebar di media sosial dan viral. “Ternyata bukan tuyul. Hanya boneka gantungan kunci. Yang nemu anak-anak di pinggir jalan,” ungkapnya. Senin (28/3).

Karena ada yang menyebut tuyul, warga kemudian beramai-ramai datang, dan ingin melihat langsung benda yang diduga tuyul tersebut. “Masyarakat beranggapan boneka itu tuyul dan mengundang kerumunan. Warga ingin melihat.”

Sebagaimana video yang beredar, ‘tuyul’ itu lantas dikeluarkan FS dari dalam botol. Setelah melihat, FS menyatakan, benda itu adalah boneka.

Tapi, ada juga yang bersikeras bahwa benda itu adalah tuyul yang bersamaan dengan warga merekam dengan menggunakan HP. “Untuk menghindari isu-isu yang tidak baik, jadi dimusnahkan oleh warga pada sore harinya,” tambah Abdul Madjid.

Karenanya, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak langsung menelan mentah-mentah informasi yang beredar di media sosial. “Ini pesan juga buat masyarakat. Bahwa jangan langsung mempercayai informasi yang beredar,” imbaunya.

Sebelumnya, beredar video penemuan benda yang disebut sebagai tuyul di Desa Buyut Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Video penemuan ‘tuyul’ itu kemudian viral di media sosial.

Dalam video itu, terlihat ‘tuyul’ tersebut berukuran cukup kecil, tidak lebih besar dari jempol orang dewasa. Sepintas, benda itu juga berbentuk menyerupai anatomi tubuh manusia. (pojoksatu/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: