Bangga Jadi Anak SMK

Bangga Jadi Anak SMK

JAMBI-Sekolah Menengah Kejuruan, dari kalimat ini saja bisa disimpulkan bahwa di sekolah ini siswanya langsung memiliki kosentrasi belajar pada bidang tertentu. Seperti Diyah Nursafitri, siswi SMKN 1 Tanjung Jabung Timur ini mengambil jurusan TKJ (Teknik komputer dan Jaringan). Indah mengaku beruntung dan juga bangga bisa menjadi anak SMK karena di sekolah ia tak hanya sekedar belajar teori namun juga banyak praktek yang membuat ia memiliki tambahan skill.

Gadis yang suka menari ini mengatakan, selain TKJ, di sekolahnya terdapat jurusan lain yaitu Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Agribisnis Perikanan (AGPER) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). SMKN 1 Tanjab Timur diakui Nadya termasuk sekolah SMK yang berbeda dengan SMK lain di Provinsi Jambi karena memiliki banyak jurusan yang menarik. Tak heran di sekolah ini ada beberapa siswa dari luar yang sengaja SMKN 1 Tanjabtim karena ingin memilih jurusan favoritnya di sini.

Menurut Diyah, kualitas kerja anak SMK tentunya lebih matang dibanding anak SMA.Sejak berusia 15 tahun, anak SMK telah dipupuk untuk siap bekerja, banyak berlatih layaknya di tempat kerja dan merasakan langsung bagaimana dunia kerja. “Anak SMK diciptakan untuk siap dalam segala bidang, kuliah oke, kerja oke,” lanjut Nadya. Nadya sendiri bercita-cita menjadi Polwan, bukan hal mustahil,mengingat Polri juga memberi ruang untuk tamatan SAMK untuk menjadi anggota polisi.

Anak SMK ditegaskan Nadya tentu lebih matang memasuki dunia kampus dengan bekal yang dimiliki. Sebaliknya, tidak kuliah pun, anak SMK lebih siap dari sisi skill dan mental di dunia kerja. “Banyak anak SMK yang tamat langsung kerja, kemudian baru melanjutkan kuliah sambil kerja, karena apa? Karena memang paling siap di lapangan,” tambahnya lagi.

Satu hal menarik lain yang tidak dirasakan anak SMA tapi dijalani anak SMK, yaitu magang kerja. “Setelah dibekali teori dan praktek, kita kemudian dilepas di dunia kerja, masuk ke perusahaan swasta, BUMN, ke instansi pemerintah, seru dan tentu saja ini jadi pengalaman menarik bagi smua anak SMK,” tambahnya lagi.(dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: