Cuti Bersama Lebaran 29 April, 4-6 Mei 2022

Cuti Bersama Lebaran 29 April, 4-6 Mei 2022

JAKARTA - Libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada 2-3 Mei dan cuti bersama Idul Fitri 2022 mulai 29 April lalu 4-6 Mei secara resmi ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (6/4).

“Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022, dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022,” jelasnya melalui siaran langsung dari Istana Negara.  

“Keputusan mengenai cuti bersama ini akan diatur lebih rinci melalui keputusan bersama menteri-menteri terkait,” tambahnya.

Jokowi juga tetap menegaskan bahwa pandemi Covid-19 belum sepenuhnya selesai. Diharapkan bahwa masyarakat harus sudah divaksin booster, memakai masker dan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat

“Kita semua harus selalu waspada bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, dan harus selalu bermasker pada saat ditempat umum atau dalam kerumunan,” tegasnya.

Secara rinci, pemudik dari daerah jabodetabek diperkirakan akan sebanyak 14 juta orang. Bagi para pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi diperkirakan akan sebanyak 47 persen dari perkiraan total jumlah pemudik tahun ini.

 

Sementara itu, Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat yang berniat mudik agar segera mendaftarkan diri dan berkunjung ke gerai vaksin terdekat.

Utamanya di wilayah yang akan menjadi tempat pemberangkatan mudik, yaitu wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah.

“Sekali lagi yang kami tekankan pada kesempatan ini marilah semuanya yang akan sudah berniat untuk mudik untuk segera melakukan vaksinasi, terutama yang sudah vaksin kedua untuk bisa melaksanakan vaksin booster,” ungkapnya seperti yang dikutip dari situs Kominfo, Rabu (6/4).

Menko PMK juga mengatakan, Presiden juga mengingatkan dua hal yang harus menjadi perhatian jajarannya yaitu ketersediaan bahan pangan dan bahan bakar minyak (BBM) dalam menyongsong mudik Idulfitri tahun ini.    

“Tadi dari kementerian-kementerian yang terkait sudah melaporkan tentang kesiapannya dan insyaallah sebagian besar sudah siap dan ada beberapa hal lagi yang sifatnya masih akan disempurnakan atau diperbaiki untuk menyongsong terutama mudik tahun 2022 ini,” tandasnya. (dis/zul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: