Air Bus A380 Berhasil Terbang dengan Bahan Bakar Minyak Goreng

Air Bus A380 Berhasil Terbang dengan Bahan Bakar Minyak Goreng

JAKARTA-Pesawat air bus A380 baru-baru ini telah sukses menyelesaikan percobaan penerbangan menggunakan minyak goreng.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Blagnac di Toulouse pada 25 Maret dengan ditenagai oleh Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (juga disebut sebagai SAF).

Diketahui, bahan bakar tersebut terdiri dari minyak goreng dan limbah. Seluruh perjalanan dilakukan hanya dengan satu mesin Rolls-Royce Trent 900.

SAF, dikembangkan oleh TotalEnergies dari Perancis terbuat dari \'Ester Hidroproses dan Asam Lemak\' atau HEFA dan juga bebas dari belerang dan aromatik.

Diketahui, Airbus kemudian melanjutkannya dengan penerbangan A380 kedua menggunakan bahan bakar minyak goreng pada 29 Maret 2022.

Dikutip dari Indian Times, secara mengejutkan ini bukan pesawat Airbus pertama yang berhasil terbang di SAF. Pesawat berbadan lebar A350 ternyata telah melakukan penerbangan pada Maret 2021, serta A319neo pada Oktober lalu.

Airbus ingin agar semua armadanya disertifikasi untuk beroperasi di SAF pada akhir dekade ini. Hari ini, disertifikasi untuk didukung oleh hingga 50 persen SAF yang dicampur dengan minyak tanah tradisional.

Perusahaan ini juga bekerja untuk menghadirkan pesawat tanpa emisi nol pertama di dunia di pasar pada tahun 2035. (dnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: