Oleh ; Fransisko Chaniago, M.Pd.

Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

 

Di era globalisasi saat ini, tentunya bahasa asing merupakan bahasa yang harus dikuasai oleh kalangan mahasiswa. Dengan tuntutan tersebut, mau tidak mau atau suka tidak suka, bahasa inggris menjadi modal utama bagi mahasiswa agar mampu memiliki daya saing yang sama dalam rangka menghadapi era globalisasi dengan perkembanganya yang semakin bergerak dan dinamis.

Pentingnya menguasai bahasa inggris bukan hanya dianggap sebagai alat komunikasi saja, melainkan sebagai penunjang bagi mahasiswa untuk menambah khazanah keilmuanya dalam menghadapi dunia perkuliahan. Dalam hal ini terkait mengenai referensi, tentunya dengan berstatuskan sebagai mahasiswa yang diakui sebagai kaum intelektual  memiliki tuntutan untuk mampu menggunakan literature-literature yang bekelas Internasional sebagai bahan rujukan dalam mengerjakan tugas perkuliahanya.

Ironisnya, masih banyak mahasiswa yang ditemukan tidak mampu menguasai bahasa inggris dan bahkan mengabaikanya. Hal ini dapat kita lihat pada mata kuliah bahasa inggris atau mata kuliah English For Management dimana dosen yang mengampu mata kuliah tersebut menemukan masih banyak mahasiswa yang tidak bisa berbahasa inggris dan bahkan membaca tulisan bahasa inggris saja masih terbata-bata. Hal ini juga dapat ditemukan ketika mahasiswa menghadapi ujian akhir skripsi. Para tim penguji bukan hanya menguji hasil penelitian skripsi mahasiswanya saja, melainkan menguji kemampuan bahasa asing baik bahasa inggris maupun bahasa arab bagi mahasiswa yang masih banyak tidak mampu menjawab tantangan dari tim pengguji untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan hasil penelitianya dengan menggunakan bahasa asing tersebut.

Tentunya dengan fenomena tersebut, Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam berinisiasi menjawab apa yang menjadi keresahan bagi mahasiswa saat ini, yaitu dengan menciptakan suatu wadah yang dinamakan “MPI Language Community”.

Lahirnya wadah yang dinamakan MPI Language Community  ini merupakan suatu yang tidak disengaja. Disela-sela pada saat dosen-dosen MPI sedang melaksanakan kegiatan NGOMPI MPI yang dilaksanakan dalam satu minggu sekali pada hari jum’at siang jam 13:30-15:00.

Dalam hal ini, Ketua Program Studi Dr. Mahmud MY, M.Pd dan Sekretaris Prodi Uyun Nafiah, M.Pd memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut demi terciptanya Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dengan mengeluarkan lulusan yang mampu bersaing dalam dunia kerja baik sekala Lokal, Nasional maupun go Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: