Ingin jadi Dokter Hewan untuk Keseimbangan Alam

Ingin jadi Dokter Hewan untuk Keseimbangan Alam

JAMBI-Selain kucing, siswi SMAN 1 Tanjung Jabung Timur ini juga menyukai semua jenis hewan. Gadis yang biasa disapa Uci ini mengatakan ia sangat gampang tersentuh jika melihat hewan apapun. “Aku pecinta kucing, tapi kalo liat ada hewan lain yang sakit, aku ikut tersentuh, ngga tau kenapa sensitif banget sama semua jenis hewan,” kata Uci.

Karena itu yang menjadi latar belakang Uci bercita-cita menjadi dokter hewan. Ia ingin menolong lebih banyak hewan yang butuh bantuan medis dan ingin membantu banyak masyarakat. “Hewan juga erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat, kebutuhan pokok manusia seperti sapi itu kan juga di bawah pengawasan dokter hewan,” ujar Uci.

Terlebih lagi kini kesadaran masyarakat dalam memperhatikan kesehatan hewan peliharaannya juga semakin tinggi. Membuat semakin banyak klinik kesehatan hewan dan selalu ramai pasiennya. Layaknya manusia, hewan juga membutuhkan penanganan. Pemerintah pun memiliki banyak program kesehatan hewan, tak hanya untuk hewan ternak yang bisa dikonsumsi namun juga hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing, kuda, dan lainnya. “Jika berkaitan sama hewan aku selalu tertarik, bahkan untuk hewan buas seperti harimau, singa dan sejenisnya, jika memiliki kesempatan untuk melakukan cek kesehatannya aku pun rasanya mau banget,” lanjutnya.

Ia juga kagum dengan para dokter hewan yang sering menangani kesehatan hewan yang dilindungi, seperti gajah, orang utan dan lainnya. Peran dokter hewan dalam menjaga keseimbangan alam kata Ucii sangatlah penting. Ia mencontohkan apabila habitat harimau punah, atau habitat gajah punah, bisa dibayangkan lingkungan kita akan jadi tak seimbang.

Guna mencapai cita-cita menjadi dokter hewan, Ucii mencoba untuk bisa belajar dengan giat, mengikuti berbagai olimpiade, di sekolah belajar berorganisasi dan masih banyak lagi. “Karena saya menyadari bahwa sekolah dokter bukanlah hal yang mudah dan tentunya membutuhkan banyak biaya, oleh sebab itu saya ingin belajar dengan benar-benar agar bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan saya menjadi seorang dokter nantinya untuk mengangkat derajat keluarga, bantu doanya ya,” lanjut Uci. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: