Cover 30 Ribu Warga Tak Mampu, Program Jambi Bugar

Cover 30 Ribu Warga Tak Mampu, Program Jambi Bugar

JAMBI - Dalam mendukung upaya untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing daerah, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu bagian yang strategis.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan, mewujudkan SDM yang berkualitas adalah cara yang paling tepat dalam mengakselerasi perubahan, kemajuan.

Kata Fasha, pembangunan pendidikan, difokuskan pada upaya menjamin akses seluruh masyarakat terhadap pelayanan pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas, penerapan pendidikan yang tidak hanya mengutamakan aspek intelektual, melainkan juga kemampuan interaksi sosial dan juga interpersonal, pendidikan watak dan budi pekerti, nasionalisme, pendidikan vokasi dan ketrampilan dan kewirausahaan.

Pada tahun 2021, untuk penyelenggaraan urusan pendidikan telah dialokasikan anggaran melalui APBD Kota Jambi sebesar Rp 479,28 Miliar. Jika dibandingkan dengan total belanja APBD Kota Jambi tahun Anggaran 2021 yaitu sebesar Rp 1,96 Triliun, maka persentase anggaran untuk belanja urusan pendidikan adalah sebesar 24,43 persen. 

\"Angka ini telah memenuhi persentase minimal yang ditetapkan dalam UUD 1945 Pasal 31 ayat (4) dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.07/2009,\" katanya. 

Fasha menambahkan salah satu program unggulan pemerintah Kota Jambi di bidang Pendidikan adalah Program Jambi Cerdas yang ditujukan untuk mensukseskan program wajib belajar 9 (Sembilan) tahun,  guna mewujudkan hak untuk memperoleh pelayanan pendidikan dasar dan menengah bagi setiap anak dalam meningkatkan akses layanan pendidikan secara adil dan merata, dengan sasaran peserta didik yang rawan putus sekolah dari keluarga ekonomi tidak mampu di wilayah Kota Jambi. 

\"Anggaran program Jambi Cerdas pada tahun 2021 sebesar Rp 2,14 miliar yang diperuntukkan bagi 1.432 siswa dari masyarakat kurang mampu di Kota Jambi,\" katanya. 

Dia melanjutkan, sesuai dengan target RPJMD Kota Jambi 2018-2023, sejumlah target indikator kinerja utama daerah di bidang pendidikan telah dapat dicapai, yakni; Harapan Lama Sekolah (HLS) pada tahun 2021 ditargetkan 14,62 dapat direalisasikan sebesar 15,37. 

Persentase masyarakat tidak mampu yang mendapat jaminan pelayanan Pendidikan pada Tahun 2021 ditargetkan sebesar 12,32 persen dapat dicapai sebesar 12,32 persen. Rata-rata Lama Sekolah (RLS) pada Tahun 2021 ditargetkan sebesar 10,7 dan dapat dicapai melebihi target yakni sebesar 11,2.

Kata Fasha, selain pada pendidikan, pembangunan bidang kesehatan juga menjadi fokusnya selama memimpin Kota Jambi. 

Pembangunan bidang kesehatan diarahkan untuk meningkatan kemudahan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang murah dan berkualitas, serta merevitalisasi infrastruktur dan juga sarana prasarananya. 

Selain itu, pada Tahun 2021 sumber daya bidang kesehatan juga masih dihadapkan dalam upaya pencegahan dan penurunan penyebaran Covid-19, baik yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi melalui Gugus Tugas maupun koordinasi lintas sektor dan stakeholder lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: