Denny Siregar Sebuut Ada 7 Ciri Utama Kadrun, Denny : Merasa Dirinya dari Arab, Meski Tytydnya Kecil

Denny Siregar Sebuut Ada 7 Ciri Utama Kadrun, Denny : Merasa Dirinya dari Arab, Meski Tytydnya Kecil

JAKARTA - Ada 7 ciri-ciri utama kadrun dalam agama Islam yang diungkapkan pegiat media sosial, Denny Siregar. Di antaranya adalah pemarah dan gemar pamer ibadah.

\"Ciri utama kadrun dalam agama Islam, 1. Pemarah/sumbu pendek. 2. Pembohong/munafik. 3. Pamer ibadah. 4. Bodoh dan jahil. 5. Barbar. 6. Tidak menerima perbedaan. 7. Merasa dirinya dari arab, meski tytydnya kecil,\" demikian tulis Denny Siregar di Twitter-nya yang dikutip, Senin (18/4).

Adapun kadrun merupakan singkatan dari kadal gurun. Istilah itu dipakai untuk melabeli kelompok Islam atau non Islam yang anti pemerintahan. Kadrun juga kerap dicap kelompok radikal, ekstrimisme, dan sebagainya.

Namun, menurut Denny Siregar, istilah kadrun bukan polarisasi di masyarakat.

\"Istilah kadrun itu bukan bagian dari polarisasi. Itu seperti membuang kotoran dibalik agama yang suci. Kita sih pengen manggilnya taek, tapi kan terlalu kasar,\" kata Denny Siregar.

Lebih lanjut, pria yang mengaku sebagai buzzer ini menilai, kadrun itu seperti kotoran dalam agama.

\"Di Suriah, Irak, Nigeria, mereka gak punya kosakata untuk gambarkan kotoran dalam agama. Akhirnya awam mengira bahwa yang merusak pakai agama itu bagian dari ajaran agama. Lihat negara mereka jadi kayak apa. Kita punya sistem pertahanan sendiri. Sebut kadrun, maka kita tau siapa mereka,\" tuturnya.  

\"Udah gua jentrengin tentang kenapa mesti ada stigma \"kadrun\" biar jelas. Jadi ga usah tafsirkan kata kadrun sebagai polarisasi politik. Kalo itu kampret. Udah ilang,\" sambungnya.

Dia menilai, saat ini kelompok kadrun banyak yang jadi penumpang gelap dalam politik. Mereka cenderung bawa bawa agama.

\"Banyak kadrun jadi penumpang gelap dalam politik kita bawa-bawa agama. Itu yang harus dilawan, kalo gak kita seperti Suriah,\" katanya.

\"Lawan kadrun itu gak usah pakai sopan-sopan. Hajar kalo perlu. Gak bisa pakai fisik karena dilarang hukum, ya bongkar kelakuannya yang munafik.  

Kita sopan dianggap lemah. Kita ngalah dianggap kalah. Kita diam, makin beringas,\" pungkasnya. (fin/zul)

Sumber: