Ini Jadwal Lengkap Ganjil-Genap di Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik dan Balik

Ini Jadwal Lengkap Ganjil-Genap di Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik dan Balik

JAKARTA - 2.500 kilometer jalan tol akan dioperasionalisasikan selama periode mudik lebaran tahun ini oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

Selain itu, mulai H-10 lebaran, tidak ada lagi jalan tol yang berlubang dan pembenahan konstruksi jalan tol yang dapat mengganggu mobilitas masyarakat. Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan arus mudik Lebaran 2022 terfokus pada peningkatan pelayanan di jalan tol dengan memastikan kualitasnya dalam kondisi baik.

\"Terkait manajemen pengaturan lalu lintas di jalan tol selama periode Lebaran 2022, BPJT akan mengikuti instruksi dan arahan dari Kepolisian RI seperti kebijakan buka-tutup rest area, one-way dan contra-flow, ganjil genap di jalan tol serta pengendalian kendaraan ODOL,\" ujar Danang, Jumat (22/4).

Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi menambahkan sistem satu arah atau one way akan diberlakukan serentak dengan kebijakan ganjil genap (gage).  

Kepolisian memprediksi arus mudik akan dimulai pada 28 April 2022 pukul 17.00 WIB. Hal tersebut telah diprediksi berdasarkan perhitungan para ahli di bidang jalan.

Bahwa dari kapasitas normal tidak dapat menerima tambahan beban 47% pemudik yang akan menggunakan jalur darat bersamaan. “Selain itu, kebijakan ini pun akan dibantu dengan sistem contraflow,\" terngnya.  

Kebijakan satu arah di jalan tol akan berlaku mulai KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 313 Gerbang Tol Kali Kangkung di Semarang. Nantinya, Jalur B yang biasanya digunakan untuk kendaraan menuju ke Jakarta pada jalur Jakarta-Cikampek akan dimanfaatkan untuk menuju ke arah Jawa Tengah dan sekitarnya.

”Jadi bagi masyarakat yang akan memanfaatkan hari Kamis, diharapkan yang menuju arah Timur langsung mengambil lajur kanan saat menuju Km 47, dan memanfaatkan jalur B atau yang biasa digunakan untuk arah Jakarta,” jelasnya.

Berikut Jadwal Rencana Pelaksanaan Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik & Balik Lebaran 2022:

Arus Mudik

A. Kamis, 28 April 2022:

Dimulai pada Pukul 17.00-24.00 WIB dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: