Disperindag Kembalikan Uang Lapak, Setelah Diancam Lapor ke Polisi

Disperindag Kembalikan Uang Lapak, Setelah Diancam Lapor ke Polisi

 

JAMBI – Sejumlah pedagang pasar Bedug di Jalan Wr Supratman, beberapa kali mendatangi kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi. Mereka mendesak uang lapak yang disetorkan pada awal Ramadhan lalu untuk dikembalikan.

Sebab lapak yang diberikan oleh pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan. Para pedagang sempat mengancam akan melapor ke kepolisian jika uang lapak yang mereka setor tidak dikembalikan oleh pihak Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi, Yon Heri saat dikonfirmasi kemarin (25/4) mengatakan, persoalan lapak pasar Bedug edug bersama para pedagang tersebut sudah selesai.

Yon Heri menceritakan, awalnya ada 80 pedagang yang hendak mundur dan minta uangnya dikembalikan, namun, berjalan hari jumlah pedagang yang hendak mundur malah berkurang menjadi 45 orang.

“Mungkin yang lain sudah ada berdagang, ada mereka yang merasa sayang dengan lapak tersebut, dan akhirnya mengurungkan niatnya untuk mundur. Dari 80 awalnya, turun jadi 45, turun lagi jadi 28 dan terkahir hanya 8 orang,” kata Yon Heri.

Dijelaskan Yon Heri, pihaknya mengembalikan uang lapak kepada 8 pedagang tersebut.

“Yang 8 batal ini, dikembalikan uangnya,” ujarnya.

Sebelumnya, salah satu pedagang, Rudi mengatakan, awalnya ada 80 lapak pedagang yang minta uang lapaknya dikembalikan. Namun, memang menurun menjadi 50 lapak pedagang yang minta uangnya dikembalikan.

\"Karena sebagian sudah ada yang mengalah, karena tidak ada kepastian, dan capek bolak balik ke Disperindag, sehingga mereka menempati lapak seadanya,\" kata Rudi.

Lanjut Rudi, pihaknya mendesak uang lapak dikembalikan, karena mereka seperti beli kucing dalam karung. Sebelum lapak ditentukan mereka diminta setor uang Rp 460 ribu per lapak. Namun, saat pembagian, ternyata sebagian lapak bukan berada di Jalan Wr Supratman, malah di Pasar Informal yang kondisinya tidak layak untuk pasar Bedug. Sehingga para pedagang memilih minta uang dikembalikan ketimbang menempati lapak tersebut.

\"Kami digantung. Kata pihak Disperindag, kalau ada pedagang lain yang mau menempati lapak tersebut baru uang kami dikembalikan. Duit kami kok kayak duit negara. Alasannya sudah setor ke negara,\" jelas Rudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: