Libatkan 477 Pemilih, KPU Jambi Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilgub 2024

Sabtu 26-10-2024,17:13 WIB
Reporter : Tim
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menggelar simulasi proses pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilihan Gubernur Jambi 2024 di Kelurahan Pematang Sulur, Telanaipura, pada Sabtu (26/10/2024). 

Kegiatan ini bertujuan memberikan gambaran pelaksanaan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pemilihan, 27 November mendatang.

Yatno, Divisi Teknis KPU Provinsi Jambi, menjelaskan bahwa simulasi ini menguji kelancaran proses pemungutan suara serta memastikan pemahaman petugas TPS terhadap aturan yang berlaku. 

Sebanyak 477 pemilih turut diundang, mewakili jumlah rata-rata pemilih di TPS 11 di Kelurahan Pematang Sulur.

Simulasi ini juga memperkenalkan perubahan tata letak TPS untuk Pilgub kali ini. Salah satunya adalah posisi pengawas TPS yang kini berada di belakang petugas KPPS, bukan di samping seperti pada pemilihan sebelumnya. 

Ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengawasan, terutama dalam pengecekan undangan pemilih (C Pemberitahuan).

“Dengan posisi pengawas di belakang, mereka dapat lebih teliti dalam memantau dan memeriksa dokumen pemilih,” tambah Yatno.

Selain proses pencoblosan, simulasi juga mencakup penghitungan suara yang dilakukan setelah TPS ditutup. 

Dengan persiapan ini, KPU Provinsi Jambi berharap pelaksanaan Pilgub Jambi 2024 nanti dapat berjalan lancar dan sesuai prosedur. (aiz)

Kategori :