Poltekkes Kemenkes Jambi Berdayakan Kader Posyandu Tingkatkan Pengetahuan Deteksi Dini Resiko Tinggi Ibu Hamil

Rabu 23-10-2024,13:47 WIB
Reporter : Lysa Lucia Pebryna M
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dosen Poltekkes Kemenkes Jambi Jurusan Kebidananmelaksanakan Pengabdian Masyarakat berlokasi di Desa Suka Maju Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi.

Pengabdian Masyarakat ini mengambil tema pemberdayaan kader posyandu melalui peningkatan pengetahuan deteksi dini resiko tinggi ibu hamil.


Edukasi kepada ibu hamil.-Foto: Istimewa-

Ini merujuk pada, jumlah puskesmas pembantu pada Desa Suka Maju ada 1 puskesmas pembantu, 1 poliklinik dan 4 unit posyandu. Dimana total kader yang ada 20 orang dari 4 pos posyandu yang ada.

Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan terhadap 20 kader posyandu dan pemberian edukasi pada 20 orang ibu hamil.

"Kita ingin meningkatkan pengetahuan kader posyandu tentang deteksi dini resiko tinggi pada ibu hamil sehingga kader dapat memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada ibu hamil dan keluarganya," jelas Ketua Pengabdian Masyarakat, Nurmisih, S.Pd., M.Kes.

Selain itu dengan adanya pengabdian masyarakat ini, diharapkan juga dapat meningkatkan keterampilan kader posyandu dalam melakukan pelayanan deteksi dini resiko tinggi pada ibu hamil sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan ibu hamil dan janinserta meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya dan risiko tinggi kehamilan.


Foto bersama dengan kader.-Foto: Istimewa-
"Deteksi dini kehamilan dengan faktor risiko penting dilakukan sebagai upaya penting dalam mencegah kematian dan kesakitan," kata Anggota Pengabdian Masyarakat, Verawati Pulungan, SST., MKM.

Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu: adanya peningkatan pengetahuan pada ibu hamil dan kader serta peningkatan keterampilan kader posyandu dalam deteksi dini risiko tinggi pada ibu hamil.
Dalam pengabdian masyarakat ini, juga diikuti 3 orang mahasiswa program studi SarjanaTerapan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jambi, dan 3 orang bidan pembina posyandu.(*)

Kategori :