Satu Hati Raih Prestasi, Sinsen Ajak Siswa dan Guru SMK Berkompetisi di Dunia Otomotif

Rabu 16-10-2024,16:50 WIB
Reporter : Misriyanti
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Main Dealer sepeda motor Honda di Provinsi Jambi kembali menggelar Technical Skill Contest yang ditujukan bagi siswa dan guru SMK binaan Honda di Provinsi Jambi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam bidang otomotif. 

General Manager Service and Part Erwin Susanto mengatakan partisipasi aktif siswa dan guru dalam Technical Skill Contest ini sangat penting untuk membangun kemampuan dan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan di industri otomotif yang semakin berkembang.

Pelaksanaan kontes ini terdiri dari tiga tahapan, dimulai dengan tahap pertama yang berlangsung dari tanggal 23 – 28 September 2024 di setiap SMK binaan Honda. Seluruh siswa TSM kelas XII dan guru produktif TSM berpartisipasi dalam kegiatan ini yang terus dimonitor oleh Sinsen untuk menentukan siswa dan guru berprestasi dari masing-masing sekolah.

“Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat menciptakan generasi baru yang tidak hanya kompeten secara teknis tetapi juga memiliki semangat kolaborasi dan inovasi yang tinggi” ujar Erwin.

Setelah tahap sekolah, siswa dan guru terbaik yang telah menjalani tes teori, praktek meja dan troubleshooting akan melanjutkan ke tahap regional. Tahap ini akan dilaksanakan di Training Center Sinsen yang juga berfungsi sebagai tempat pelatihan untuk SDM Dealer/AHASS Honda di wilayah Provinsi Jambi.

Peserta yang berhasil lolos dari tahap SMK akan menghadapi ujian yang lebih menantang di tingkat regional, termasuk tes teori, praktek meja dan troubleshooting. Selain itu, para guru juga akan menjalani ujian presentasi sebagai bagian dari penilaian kompetensi mengajar mereka.

Dari hasil tahap regional, siswa dan guru terbaik akan mewakili Jambi dalam kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor di Safety Riding & Training Center Jakarta. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra yang merupakan yayasan pendidikan yang dikelola oleh Astra.

“Dalam semangat Sinergi Bagi Negeri, para pemenang regional akan mengikuti pelatihan persiapan di Training Center Sinsen sebelum bertanding di tingkat nasional. Kami berharap mereka dapat membawa nama baik sekolah dan mengharumkan Provinsi Jambi di kancah nasional” tutup Erwin.(*) 

Kategori :