Jalan Tol Pertama Jambi Diresmikan Bareng Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 Lima Puluh – Kisaran

Rabu 16-10-2024,13:45 WIB
Reporter : Setya Novanto
Editor : Setya Novanto

ASAHAN. JAMBIEKSPRES.CO.ID – Konektivitas antara Provinsi di Pulau Sumatera terutama dari Jambi menuju Sumatera Selatan semakin dekat.

Hal ini menyusul telah diresmikannya jalan tol Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino (34 km).

Jalan tol pertama di Provinsi Jambi tersebut merupakan bagian Ruas Betung (Simpang Sekayu) – Tempino – Jambi.

Jalan tol tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara pada Rabu (16/10).

Selain meresmikan jalan tol Bayung Lencir – Tempino , Presiden Jokowi juga meresmikan  Ruas Indrapura – Kisaran Seksi 2 Lima Puluh – Kisaran (32,15 km).

Dengan tambahan dua jalan tol tersebut menunjukkan komitmen PT Hutama Karya  dalam memperkuat infrastruktur nasional terutama di Tol Trans Sumatera (JTTS).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan bahwa jalan tol tidak sepenuhnya dibangun oleh swasta dan didanai oleh sektor swasta. Namun, banyak jalan tol yang dibangun oleh BUMN dan juga melalui anggaran APBN. Dengan adanya jalan tol, khususnya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), diharapkan mampu mempercepat mobilitas barang, orang, dan distribusi logistik, sehingga setiap daerah di Indonesia dapat bersaing dengan daerah-daerah di negara lain, mengingat persaingan antar negara sangat ketat.

“Alhamdulillah, pada hari ini, Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 3 di Provinsi Jambi sepanjang 34 km telah selesai dibangun dengan anggaran sebesar 5,6 triliun rupiah, setelah dikerjakan selama dua tahun. Selain itu, kita hari ini juga meresmikan Jalan Tol Indrapura - Kisaran yang telah dibangun sejak 2018 dengan investasi sebesar 6,2 triliun rupiah. Kedua ruas tol ini diharapkan akan meningkatkan daya saing daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal,” ujarnya.

Peresmian ini dilakukan secara simbolis dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, Pj. Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni, Pjs. Bupati Asahan Basarin Yunus.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, menyampaikan bahwa kehadiran kedua jalan tol ini mengefisiensi waktu tempuh antar wilayah lebih dari 60%. “Tol Indrapura – Kisaran sendiri memiliki total panjang 56 km, dan telah beroperasi sejak 15 Mei 2024. Waktu tempuh dari Medan ke Kisaran yang biasanya sekitar 5 jam kini menjadi hanya 1,5 jam. Sementara itu, perjalanan dari Indrapura ke Kisaran, yang sebelumnya memakan waktu 2 jam melalui jalan umum, kini dapat ditempuh hanya dalam 30 menit. Lalu untuk Bayung Lencir ke Tempino yang semula 1,5 jam menjadi hanya 30 menit, ” jelas Budi.

Jalan Tol Lima Puluh – Kisaran memiliki nilai investasi mencapai Rp4,2 triliun, dibangun dengan spesifikasi teknis yang modern. Jalan tol ini terdiri dari dua jalur dengan lebar lajur 3,6 meter x 2 per jalur dan kecepatan rencana maksimum 100 kilometer per jam. Selain itu, tol ini dilengkapi dengan satu Gerbang Tol (GT), dan satu Interchange (Simpang Susun) yang berfungsi untuk menghubungkan jalan tol ke ruas lainnya. Tol ini juga dilengkapi dengan 9 Underpass dan 11 Overpass, yang memungkinkan akses transportasi lokal tanpa hambatan dari dan ke kawasan industri maupun pemukiman

Kehadiran Jalan Tol Lima Puluh – Kisaran diharapkan dapat memperlancar konektivitas Sumatera Utara, khususnya antara Kisaran, Medan, dan Pematang Siantar, dengan waktu tempuh yang lebih efisien dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat. Selain mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei sebagai pusat pertumbuhan industri, tol ini juga berpotensi meningkatkan sektor pariwisata di wilayah Danau Toba dan Pematang Siantar dengan akses yang lebih cepat bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara

Sementara itu, Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino yaitu bagian dari Ruas Tol Betung (Simpang Sekayu) – Tempino – Jambi yang merupakan jalan tol pertama di Provinsi Jambi turut meningkatkan konektivitas dan aksesbilitas antara Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Selatan. Mulai dibangun pada Mei 2023, jalan tol ini menggunakan skema dukungan konstruksi oleh Pemerintah dengan total nilai konstruksi sebesar Rp5,6 triliun dengan output terbangunnya jalan utama (mainroad) sepanjang 34 km yang dibagi menjadi 3 seksi. Jalan tol ini ditunjang oleh berbagai fasilitas seperti 10 Overpass, 4 Underpass, dan masing-masing 2 (dua) Simpang Sebidang, Gerbang Tol, Interchange.

Hutama Karya (60%) mengambil peran untuk membangun Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino sepanjang 15,47 km dengan melakukan Kerja Sama Operasi (KSO) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya (Persero) atau “Hutama-WIKA-BAP KSO” dengan nilai kontrak Rp2,7 triliun. Peran Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino juga diharapkan dapat memperlancar konektivitas antara provinsi Sumatra Selatan dan Jambi yang kemudian dapat menghemat waktu perjalanan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah.

“Ke depan, kami akan terus melanjutkan pembangunan ruas-ruas tol lainnya di Sumatera. Hutama Karya siap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi besar Jalan Tol Trans Sumatera,” tutup Budi.

Kategori :