Kenali 5P Kunci untuk Selalu #Cari_Aman Saat Berkendara

Selasa 15-10-2024,15:55 WIB
Reporter : Misriyanti
Editor : Misriyanti

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dalam kehidupan sehari-hari, banyak dari kita yang memilih sepeda motor sebagai sarana transportasi baik untuk bekerja, bersekolah, maupun keperluan lainnya. Agar berkendara tetap aman, sangat penting untuk memperhatikan beberapa aspek keselamatan.

Instruktur Safety Riding Honda Sinsen Agung Sanjaya memberikan beberapa tips berkendara aman yang mudah diingat melalui poin 5P. Dengan memahami dan menerapkan 5P ini, diharapkan pengendara dapat merasa lebih aman dan nyaman di jalan.

5P merupakan poin-poin penting yang dapat memberikan rasa aman saat berkendara. Adapun penjelasan dari 5P adalah sebagai berikut :

1.    Pastikan Kondisi Badan Sehat : Sebelum berkendara, lakukan pemanasan ringan dan pastikan tubuh dalam kondisi segar. Kesehatan yang baik meningkatkan fokus dan konsentrasi sehingga kita dapat terhindar dari potensi kecelakaan. Ingatlah, kondisi fisik yang prima adalah kunci keselamatan di jalan.

2.    Periksa Kondisi Kendaraan : Periksa kendaraan sebelum digunakan sangat penting. Pastikan bahan bakar, ban, rem dan lampu dalam kondisi baik untuk memastikan kendaraan layak digunakan.

3.    Pakailah Perlengkapan Berkendara : Kenakan helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Perlengkapan yang lengkap tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman, tetapi juga mengurangi risiko cedera jika terjadi musibah saat berkendara. Helm yang bersertifikat standar sangat penting untuk melindungi kepala.

4.    Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas : Mematuhi rambu lalu lintas akan menciptakan lalu lintas yang tertib dan aman bagi diri kita serta pengendara lainnya. Selalu waspada terhadap kondisi jalan dan pengendara lain, serta jangan ragu untuk memberikan sinyal saat berbelok atau berpindah jalur.

5.    Persiapkan Surat-Surat Berkendara : SIM dan STNK adalah dokumen penting yang wajib dibawa saat berkendara. Dengan mempersiapkan surat-surat ini, kita dapat berkendara dengan lebih tenang tanpa khawatir saat ada razia. Pastikan juga untuk memeriksa masa berlaku surat-surat tersebut agar tidak kedaluwarsa.

Dengan menerapkan kelima poin ini, kita dapat meningkatkan keselamatan saat berkendara. Jangan lupa, berkendara dengan aman adalah tanggung jawab kita bersama.

“Keselamatan adalah prioritas utama. Dengan mematuhi 5P, kita dapat menikmati berkendara dengan tenang dan selalu #Cari_Aman ya” tutup Agung.(*)

Kategori :