KOPIPEDE Bersama Mahasiswa Gelar Jalan Santai 'Pilkada Asik' untuk Wujudkan Demokrasi Bermartabat

Senin 14-10-2024,10:40 WIB
Reporter : Bakar
Editor : Setya Novanto

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Komunitas Pemuda Peduli Demokrasi (KOPIPEDE) bersama mahasiswa menggelar acara jalan santai 'Pilkada Asik' di kawasan car free day depan kantor Gubernur Jambi pada Minggu, 13 Oktober 2024, dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung suasana pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang sejuk, aman, damai, dan bermartabat.

 

Acara ini digagas sebagai bentuk dukungan terhadap terselenggaranya Pilkada yang aman, dengan tujuan menciptakan kesadaran masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan toleransi di tengah proses demokrasi. Jalan santai diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat, termasuk mahasiswa dari Universitas Jambi dan beberapa kampus lainnya.

 

Mochammad Farisi yang merupakan Ketua KOPIPEDE Jambi sekaligus Akademisi dari UNJA, sebagai penggagas kegiatan menyampaikan bahwa acara jalan santai bagian dari electiontainment yaitu pilkada yang dijalankan dengan riang gembira, namun juga syarat makna, yaitu mengedukasi masyarakat serta memperkuat komitmen menjaga nilai-nilai demokrasi. “Pilkada bukan hanya soal memilih pemimpin, tetapi juga bagaimana kita sebagai masyarakat turut menjaga suasana yang penuh rasa kekeluargaan, damai dan bermartabat,” ujar Farisi.

 

Selain jalan santai, acara ini juga diisi dengan orasi kebangsaan dari beberapa tokoh masyarakat dan mahasiswa, yang menekankan pentingnya pemilu yang bersih dan tidak terprovokasi oleh isu-isu negatif. Peserta pun tampak antusias mengikuti kegiatan ini, dengan membawa alat peraga/spanduk dan poster bertuliskan pesan-pesan pilkada damai juga pesan lain seperti anti judi online, anti hoax, anti bullying, anti korupsi dsb

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk turut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung. KOPIPEDE bersama mahasiswa berkomitmen terus mengadakan kegiatan serupa sebagai bentuk dukungan nyata terhadap demokrasi yang menjunjung tinggi nilai integritas. (*/kar)

Kategori :