Penyaluran Bansos PKH melalui PT. Pos Akan Dialihkan ke Bank

Minggu 13-10-2024,21:12 WIB
Reporter : Maulana
Editor : Misriyanti

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Penyaluran Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masih terus bergulir, baik itu melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) maupun melalui PT. Pos.

Menurut informasi yang didapat dari Koordinator PKH Kabupaten Tanjabtim, Zulkarnain, bahwa untuk penyaluran Bansos PKH melalui PT. Pos akan berubah di periode bulan September-Oktober ini. Jadi semua penerima Bansos PKH melalui PT. Pos akan melakukan penarikan melalui bank menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

"Kalau penerima Bansos PKH yang sudah ada kartu KKS penyalurannya biasanya melalui BRI. Tapi kita belum tahu penerima Bansos PKH melalui PT. Pos, akan dialihkan ke bank mana," katanya.

Dijelaskannya, untuk penyaluran Bansos PKH melalui PT. Pos dan bank terakhir disalurkan pada bulan Juli-Agustus dengan jumlah KPM sebanyak 8.811 KPM. Namun, hingga saat ini masih ada yang belum melakukan penarikan, yakni sebanyak 184 KPM.

"Ada beberapa faktor penyebab 184 KPM itu belum bisa melakukan penarikan. Diantaranya ada yang lagi diluar kota karena bekerja, jadi penarikannya menunggu di tahap selanjutnya. Kemudian juga ada kartu KKS nya rusak, tapi untuk memperbaikinya perlu perjalanan yang jauh untuk sampai ke bank, jadi mereka belum bisa menariknya," jelasnya.

Terkait dengan jumlah KPM Bansos PKH periode September-Oktober, pihaknya juga belum bisa memastikan, sebab masih menunggu SK dari Kementerian Sosial yang kemungkinan bisa bertambah dan berkurang dari jumlah KPM Bansos PKH pada periode Juli-Agustus.

"Kita tunggu saja SK nya, karena ada yang masuk dan ada juga yang keluar," tukasnya.(lan)

Kategori :