Resmi! Pembangunan Jalan Tol Palembang-Betung Dilanjutkan, Berikut Progres Terkininya

Sabtu 12-10-2024,07:44 WIB
Reporter : Setya Novanto
Editor : Setya Novanto

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang nantinya tersambung dari Lampung hingga ke Aceh.

Saat ini tengah dilakukan penyelesaian konstruksi Jalan Tol Palembang - Betung yang dilakukan melalui Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk Ruas Tol Palembang - Betung sepanjang 69,19 km, yang merupakan bagian dari Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapal Betung).

Penandatanganan PPJT ini dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir bersama Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto pada Senin (30/9), di Jakarta.

BACA JUGA: Peresmian Tol Pertama Jambi, Tunggu Konfirmasi Presiden Jokowi

Acara ini turut disaksikan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Rachman Arief Dienaputra, Direktur Jalan Bebas Hambatan Wilan Oktavian, Plt. Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Erna Wijayanti, Sekretaris BPJT Apri Artoto, Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi, Plh Asdep Bidang Jasa Infrastruktur Kementerian BUMN Bin Nahadi, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, EVP Divisi Perencanaan Jalan Tol Iwan Hermawan, dan EVP Divisi Pembangunan Jalan Tol Pulung Satyo Anggono.

Dengan telah dilaksanakannya penandatanganan PPJT ruas tersebut, maka pembangunan Ruas Tol Palembang - Betung ini resmi dilanjutkan. 

Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (PT) Hutama Karya (Persero) optimistis bahwa proyek ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memperkuat konektivitas di wilayah Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Siap Diresmikan, Berikut Progres Terbaru 4 Seksi Jalan Tol Betung-Jambi

Proyek dengan nilai investasi sebesar Rp 14,981 triliun ini nantinya akan menghubungkan Kota Palembang dengan Betung, yang akan memangkas waktu tempuh perjalanan antar wilayah dari yang sebelumnya 3,5 jam menjadi 1 jam saja dan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2025.

Nantinya Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung akan memiliki panjang 111,6 km dan akan terhubung dengan Ruas Betung - Tempino - Jambi yang menjadi bagian penting dari jaringan JTTS. Hal ini sekaligus menjadi peluang dalam membuka konektivitas baru dari Palembang ke Jambi, guna memperkuat jaringan transportasi serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumatera. 

Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung berada di Provinsi Sumatera Selatan yang saat ini sudah beroperasi yakni Seksi 1 dan 2A dari Kayu Agung hingga Kramasan sepanjang 42,5 km.

Kemudian ruas selanjutnya yang sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi yakni Kramasan - S. Rengas sepanjang 21,50 km dengan progres mencapai 74,53%, S. Rengas - P. Balai sepanjang 33 km dengan progres mencapai 75,64%, dan P. Balai - Betung sepanjang 14,69 km dengan progres mencapai 0,05%. (*)

Kategori :