Tanjabtim Tingkatkan Pelayanan Fasilitas Kesehatan

Senin 07-10-2024,18:04 WIB
Reporter : Maulana
Editor : Misriyanti

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Tanjabtim melalui Dinas Kesehatan terus berbenah dalam mewujudkan Tanjabtim Merakyat. Salah satunya dengan melakukan peningkatan terhadap fasilitas kesehatan disetiap kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim, Ernawati mengatakan, upaya peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan ini adalah untuk memperbaiki sarana dan prasarana Puskesmas maupun Pustu dengan kondisi yang sudah tidak layak.

"Di tahun 2024 ini ada 3 Puskesmas, 3 Pustu bahkan 7 rumah dinas yang dibangun," katanya.

3 Puskesmas yang dibangun itu, yakni Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Puskesmas Rawat Inap Muara Sabak Timur dan Puskesmas Simbur Naik. Kemudian ada 3 Pustu, yakni Pustu Desa Labuhan Pering, Kelurahan Parit Culum I dan Desa Sungai Ular. 

"Sedangkan rumah dinas di Puskesmas Pangkal Duri sebanyak 2 unit, Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut 2 unit, Puskesmas Rantau Rasau 1 unit dan Puskesmas Simbur Naik 2 unit," jelasnya.

Ernawati menerangkan, bahwa untuk Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut dilakukan rehab total atau berat, karena kondisi ketahanan bangunannya sudah tidak memungkinkan lagi. Kemudian Puskesmas Rawat Inap Muara Sabak Timur bangunannya masih kuat, namun perlu diperluas lagi. 

"Sedangkan Puskesmas Simbur Naik, karena di lokasi yang lama lahannya tidak memenuhi standar, maka dipindahkan ke lokasi lahan yang lebih luas," terangnya.

Terkait dana dari kegiatan pembangunan Puskesmas, Pustu dan rumah dinas ini, bersumber dari dana Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD Kabupaten Tanjabtim. Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut dan Muara Sabak Timur bersumber dari DAK, sedangkan Pustu dan rumah dinas dari dana APBD.

"Dengan dibangunnya Puskesmas dan Pustu baru ini pelayanan kesehatan di kecamatan dapat maksimal, sehingga masyarakat yang datang berobat bisa merasakan kenyamanan," harapnya.(lan)

 

Kategori :