Lawan Dominasi Pebalap Tuan Rumah, Ramadhipa Tampil Kencang di IATC Motegi

Minggu 06-10-2024,18:15 WIB
Reporter : Bakar
Editor : Setya Novanto

MOTEGI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-  Pebalap Astra Honda, Muhammad Kiandra Ramadhipa berjuang gigih membanggakan Indonesia melawan dominasi pebalap tuan rumah pada gelaran Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) putaran keempat di Sirkuit Mobility Resort Motegi, Jepang akhir pekan ini (5-6/10).

 

Berdasarkan sesi kualifikasi yang dilaksanakan pada Sabtu siang (5/10), Ramadhipa memulai balapan dari posisi ke-10. Meskipun begitu, Ramadhipa tetap optimis tampil maksimal di tengah cuaca yang tidak stabil.

 

Di balapan pertama, Ramadhipa memulai dengan start yang baik. Sesaat setelah lampu hijau menyala, pebalap asal Yogyakarta tersebut langsung tancap gas membidik posisi terdepan. Usahanya perlahan menuai hasil di lap kedua di mana ia berhasil masuk ke posisi 4.

 

Ramadhipa terus mempertahankan posisinya dari pebalap tuan rumah yang terus mengekor di posisi kelima. Bukan tugas mudah bagi pebalap berusia 14 tahun tersebut untuk mempertahankan posisinya sembari melepaskan diri dari rombongan di belakangnya dan mengejar grup tiga besar di depannya. Aksi saling menyalip dengan sengit terus terjadi, hingga mendekati garis finish. Ramadhipa terus memacu motor NSF250 miliknya hingga berhasil menyelesaikan balapan di posisi keempat.

 

Bertekad mencetak hasil lebih baik, Ramadhipa memulai balapan kedua di hari Minggu dengan penuh percaya diri. Memulai balapan masih dengan posisi yang sama, Rama melesat tak terbendung ke barisan depan di lap pertama dan langsung bertengger di posisi ke-6. Ia terus berusaha memangkas jarak dengan pebalap di depannya. Sayangnya memasuki lap ketiga Ramadhipa sedikit tergelincir yang menyebabkan kaki kanannya terjepit pada ban belakang. Meskipun tidak mengalami cidera berarti dan kembali melanjutkan balapan, dirinya harus turun ke posisi 16. Pada akhirnya Ramadhipa harus puas finish di posisi ke-14.

 

“Saya memulai balapan dengan optimisme kuat. Start dari posisi ke-10 sedikit menghambat saya untuk bisa segera masuk ke barisan depan, sehingga race pertama harus puas di posisi 4 besar. Pada race kedua sayangnya saya mengalami insiden ketika sudah mulai mendekat group depan. Saya akan berusaha lebih kuat di putaran berikutnya di Thailand dan Malaysia,” jelas Ramadhipa.

 

“Apapun bisa terjadi di pertandingan balap motor, kami mengapresiasi perjuangan gigih yang ditunjukkan oleh Ramadhipa di IATC Motegi kali ini. Semoga hasil balapan kali ini dapat memicu semangat Ramadhipa untuk terus memberikan usaha terbaiknya di dua seri terakhir IATC,” ujar Andy Wijaya, General Manager Marketing Planning & Analysis PT Astra Honda Motor.

 

Balapan IATC menyisakan dua seri terakhir yang akan digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand pada 26-27 Oktober 2024. Selanjutnya seri pamungkas akan dihelat di Sepang International Circuit pada 2-3 November 2024.

Kategori :